Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Tanjungpinang Goes to Campus

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria. Foto: ist

TANJUNGPINANG, – -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang kembali menggelar “KPU Goes to Campus” (KGTC) Kamis (22/3/2018). Rencananya di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI MU) Tanjungpinang.

STAI MU yang berada di Km12 merupakan kampus pertama yang jika didatangi KPU Tanjungpinang dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 27 Juni mendatang. Setelah itu, KPU Tanjungpinang juga akan mendatangi kampus kampus lainnya di Tanjungpinang.

Robby Patria, Ketua KPU Tanjungpinang mengatakan, tujuan KGTC adalah merespon besarnya jumlah mahasiswa di Tanjungpinang sehingga perlu mendapat pendidikan pemilih.

“Merupakan tugas KPU untuk menyampaikan informasi tentang pilkada kepada pemilih dari berbagai lapisan masyarakat, tidak hanya mahasiswa namun komunitas serta keluarga pun kita sasar,”ujar Robby.

Menurut dia organisasi kemahasiswaan juga penting untuk diberikan pemahaman mengenai pilkada dan kepemiluan sebab dari sanalah kegiatan mahasiswa bergerak. Dari sana juga tempat berkumpulnya anak-anak muda yang aktif, kreatif, dan inovatif.

“Sehingga, kami harapkan setelah kegiatan ini informasi yang di dapat tidak berhenti sampai di situ, tapi bisa menyebarluaskan lagi informasi tersebut melalui saluran-saluran penggunaan teknologi informasi yang dipunyai,” tambahnya.

Mantan wartawan Batam Pos itu berharap, usai mendapat pendidikan pemilih, mahasiswa tidak apatis terhadap pemilu tapi ikut berpartisipasi untuk mendapatkan pemimpin terbaik lima tahun ke depan.

Di kesempatan yang sama dikatakan, di sela sela waktu kosong, KPU Tanjungpinang juga akan meminta izin kepada kepala sekolah SMA dan SMK di Tanjungpinang agar KPU bisa menjadi pembina upacara. Sehingga saat menjadi pembina upacara, komisioner KPU Tanjungpinang dapat menyampaikan pokok pokok penting tentang informasi pilkada yang saat ini sudah memasuki masa kampanye.

“Karena hasil coklit Kita, jumlah pemilih baru mencapai 12 ribu lebih. Bisa saja itu pemilih pemula atau pemilih dari pindahan daerah lain dan pensiunan TNI maupun Polri,” kata Robby.

Dengan jumlah pemilih baru tersebut, maka KPU harus turun di semua lapisan. Bahkan, KPU juga sedang mempersiapkan rencana Anugrah Jurnalistik Pilkada khusus Tanjungpinang.

“Tapi sedang dicarikan format idealnya. Semoga dapat terwujud,” ujar Robby yang pernah memenangi sejumlah penghargaan jurnalistik tingkat nasional maupun daerah saat menjadi wartawan.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *