Dikawal Polisi Bersenjata, 2 Kontainer Surat Suara Pemilu Dibawa ke Rohil

Pengawalan ketat dilakukan Polres Rohil hingga surat suara tiba dengan aman di gudang logistik KPUD setempat. (Foto: Pat)

ROHIL, RADARSATU.com – Sebanyak dua kontainer surat suara untuk Pemilu 2024 mulai dikirim ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Pengawalan ketat dilakukan Polres Rohil hingga surat suara tiba dengan aman di gudang logistik KPUD setempat.

Surat suara itu untuk DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten dan kota. Logistik itu merupakan bagian dari 20 kontainer surat suara yang tiba di Pelabuhan Pelindo, Tualang, Kabupaten Siak.

Puluhan kontainer surat suara itu mulai dikirim ke kabupaten dan kota di Riau. Pelepasan secara simbolis dilakukan Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi dan sejumlah pejabat Polda Riau.

“Logistik surat suara Pemilu 2024 untuk Kabupaten Rohil  2 truk kontainer. Berisikan surat suara Caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten,” ujar Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto Minggu (7/1).

Surat suara pemilu untuk Rohil dibawa menggunakan dua truk kontainer. Truk pertama MRTU 2209601, No segel H 758746, Plat nopol BK 8870 FK yang dikendarai Saut Maruli Tua dengan membawa surat suara DPR RI sebanyak 895 surat suara dan DPD RI 183 surat suara.

Kedua, truk kontainer MRTU 2199951, No segel H 758716, Plat nopol BK 8722 FM  dengan driver Aswar Anas Lubis,  membawa surat suara DRPD Riau 895 surat suara dan DPRD Kabupaten 181 surat suara.

Andrian menyebut, truk itu dikawal12 personel Polres Rohil yang dilengkapi senjata. Terdiri dari 4 personil Sat Lantas, 4 personel Sat Samapta Polres. 2 personel Sat Brimobda Riau dan  2 personel Sat Intelkam.

Pengawalan mulai dilakukan dari Pelabuhan Perawang menuju gerbang tol Minas menuju tol Bathin Solapan.  Dijawabkan surat suara tiba di gudang logistik KPUD Rohil, sore hari.

“Dari gerbang tol Bathin Solapan dijemput oleh tim Patwal roda dua menuju Polsek Tanah Putih. Kemudian pengawalan dilanjutkan ke gudang logistik KPU Rohil,” tutur Andrian.

Andrian sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan pelaksanaan pemilu. Persiapan itu mulai dari pengerahan sekitar 1.000 personel gabungan, pelatihan personel yang bertugas.

Selain itu, polisi juga melaksanakan sistem pengamanan kota, apel gelar pasukan, serta serangkaian sosialisasi kepad pihak terkait.

“Kami juga terus memantau dan mengontrol isu-isu yang berkaitan dengan pemilu agar tidak menimbulkan potensi memecah belah masyarakat. Terutama yang menjelekkan berkaitan dengan politik dan kamtibmas,” jelas Andrian.

Hal itu dilakukan Polres Rohil, bersama penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024, serta lintas sektoral. Selain itu, dialog dengan organisasi kemasyarakatan di Rohil juga sudah dilakukan untuk menyerap aspirasi terkait pemilu.

“Semoga seluruh tahapan pemilu bisa berjalan dengan aman dan lancar. Intinya Polres Rohil siap mengamankan Pemilu 2024. Kami lakukan langkah krusial dalam menjaga stabilitas, demokrasi, serta keamanan masyarakat di Kabupaten Rohil,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *