Peringati HUT TNI AL ke -77, Lanal Tarempa Lakukan Gerakan Nasional Laut Bersih

Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih. (Foto: istimewa).

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Dalam rangka peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut ke-77 tahun 2022, Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih, Rabu (7/9/2022).

Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 ini digagas oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang berpusat di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta.

Gerakan Nasional Laut Bersih ini digelar serentak di 77 lokasi Satuan Komando Wilayah (Satkowil) dan Satuan Non Komando Wilayah (Satnonkowil) TNI Angkatan Laut.

Kegiatan diawali dengan pernyataan dimulainya Gerakan Nasional Laut Bersih oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang dilakukan secara virtual.

Baca Juga :  Antisipasi Dampak La Nina, Polres Karimun Tingkatkan Kesiapsiagaan

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pameran hasil olahan sampah dan penyerahan Rekor MURI atas pelaksanaan Gerakan Nasional Laut Bersih terbanyak oleh TNI Angkatan Laut.

Sedangkan Gerakan Nasional Laut Bersih yang digelar Lanal Tarempa dilaksanakan di Perairan Teluk Tarempa dengan pengibaran Bendera start tanda dimulainya kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris yang didampingi oleh Danlanal Tarempa dan jajaran Forkopimda Kepulauan Anambas.

Kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih Lanal Tarempa ini diikuti oleh Polair Polres Kepulauan Anambas, Koramil 02 Tarempa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas, Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar.

Baca Juga :  Syapwan Akbar Dilantik Pjs Sementara oleh Wabup Lingga

Dinas Perhubungan Laut dan Lingkungan Hidup Kepulauan Anambas, Pengurus Cabang 3 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I, Saka Bahari dan masyarakat Nelayan Kepulauan Anambas.

“Pada hari ini kami melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-77 tahun 2022. Saat ini kami beserta seluruh instansi kemaritiman membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melaksanakan pembersihan laut,” kata Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf.

Adapun sasaran dalam Gerakan Nasional Laut Bersih itu dilakukan mulai dari jembatan Selayang Pandang (SP) 2 sampai dengan pemukiman warga di Desa Tarempa Barat, sampai dengan Desa Sri Tanjun.

Baca Juga :  Lanal TBK Kebut Vaksinasi Mobile Pagi, Sore Hingga Malam Hari

Sedangkan untuk personil yang kami libatkan sekitar 100 personil dari Patkamla Tarempa dengan 10 alat transportasi laut baik dari Lanal Tarempa, Polair Polres Kepulauan Anambas, BPBD, Kapal Tradisional (pompong) warga dan Perahu Karet untuk melakukan pengambilan sampah di laut.

“Melalui Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Tarempa peduli terhadap kebersihan laut untuk membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga terjaga kesehatan masyarakat dan keindahan laut,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.