Buka Bimtek Penyuluh Petani, Bupati Inhil Berharap Peningkatan SDM Dan Hasil Pangan

Bupati Inhil, Muhammad Wardan membuka kegiatan Bimtek bagi Penyuluh dan Petani Kabupaten Inhil. (Foto: istimewa).

(Adventorial)

 

INHIL, RADARSATU.COM – Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Muhammad Wardan membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Penyuluh dan Petani Kabupaten Inhil disalah satu Hotel yang ada di Tembilahan, Senin (28/11/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DPTPHP) Kabupaten Inhil ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari penyuluh berjumlah 43 orang dan petani sebanyak 57 orang dari 20 Kecamatan se-Kabupaten Inhil.

Kadis PTPHP Inhil Fajar Husin menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan agar para peserta mampu menggali ilmu yang diberikan pemateri untuk diterapkan sehingga produksi padi di Inhil dapat meningkat sesuai yang diharapkan Bupati.

Sementara itu, Bupati Inhil Muhammad Wardan dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan wilayah yang dikenal sebagai lumbung pangan di Provinsi Riau.

Wardan memaparkan bahwa pada tahun 2021, untuk jumlah produksi padi di Kabupaten Inhil sebanyak 65.755,10 ton dengan produktivitas 4,2 Ton/Ha.

Sedangkan jumlah produksi beras sebanyak 37.737,13 ton dengan jumlah konsumsi beras masyarakat adalah sebanyak 65.287,17 ton.

Dengan ini bahwa terdapat kekurangan beras sebanyak 27.550,04 ton yang harus dipenuhi dari luar Kabupaten Inhil.

Angka konsumsi beras yang tinggi tidak berbanding lurus dengan angka produksi padi sehingga pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap ketahanan pangan daerah.

Wardan menjelaskan, untuk menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas PTPHP perlu mengambil langkah-langkah strategis agar pemenuhan kebutuhan pangan daerah khususnya beras tetap terjaga dan tercukupi dengan baik.

“Untuk itu saya mengharapkan Dinas PTPHP Kabupaten Inhil mesti serius dalam menghadapi kondisi tersebut, sehingga program-program kegiatan mesti difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia penyuluh dan petani penggunaan benih unggul bermutu, pengendalian OPT secara terpadu untuk keberlangsungan produksi tanaman pangan dalam rangka mendukung ketersediaan pangan daerah,” jelasnya.

Dalam kesempatan juga dilaksanakan peresmian lumbung pangan masyarakat Gapoktan Rahmat desa kayu raja kecamatan keritang dan penyerahan gabah 8 ton ke Gapoktan Rahmat Desa Kayu Raja Kecamatan Keritang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *