150 Pelajar SMA Sederajat se-Tanjungpinang Bersaing Mejadi Calon Paskibraka

Ratusan pelajar SMA dan sederajat se Kota Tanjungpinang saat menjalani tes kesamaptaan di stadion gelora seri Tribuana Dompak pada Kamis (02/05) pagi. Pelaksanaan seleksi dilakukan badan Kesbangpol dibantu, Dispora dan Purna Paskibraka. Foto: Okta/radarsatu.com

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Sebanyak 150 Pelajar kelas X SMA sederajat se Kota Tanjungpinang, bersaing menjadi yang terbaik untuk menjadi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI ke 79 pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Pelaksanaan seleksi Capaska tersebut diawali dengan pembukaan pendaftaran sejak Februari lalu. Selanjutnya sejak April kemarin telah dilakukan serangkaian seleksi, dimana para siswa wajib menjalani sebanyak 7 tahapan seleksi. “Seleksi yang dilaksanakan diawali Test Intelegensia Umum, Test Wawasan Kebangsaan, Tes Kesehatan, Tes Parade dan Tes PBB.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Pemko Tanjungpinang, Anung Tri Saputra pada Kamis (02/05) pagi, mengatakan saat ini Capaska telah menjalani tahapan seleksi kesamaptaan.

“Seleksi kesamaptaan ini ada 5 test yang dijalani, diantaranya lari 12 Menit, Push-up, Sit-Up,” jelasnya.

Anung menegaskan, dalam tahapan seleksi tersebut pihaknya hanya sebagai pelaksana, sedangkan yang memutuskan ada ditingkat Nasional yang tersistem secara online. “Sistem dengan aplikasi transparansi Paskibraka ini merupakan tahun kedua,” ungkapnya.

Anung pun tak menampik jika ada saja orang tua atau wali siswa yang menitipkan anaknya. Namun, menurutnya penilaian setiap siswa dilakukan secara online dan tersistem.

Setelah menjalani seleksi kesamaptaan yang berlangsung di stadion Seri Tribuana pulau Dompak Tanjungpinang itu, selanjutnya dijadwalkan pada 7 Mei mendatang akan dilakukan seleksi Kepribadian yang mencakup, test psikotest serta minat dan bakat para siswa.

“Nantinya dari hasil seleksi ratusan peserta Capaska ini, akan tersaring sebanyak 40 siswa terbaik rangking teratas, 20 orang diantaranya akan dikirim untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Kepri,” ungkap Anung.

Anung berharap, minimal 10 orang siswa terpilih untuk Paskibraka Tingkat Provinsi dan 1 orang Calon Paskibraka Nasional. “Kita patut bersyukur sejak 5 tahun terakhir, ada 1 pelajar dari Kota Tanjungpinang yang menjadi Paskibraka tingka nasional,” harapnya.*

Penulis: OktarianEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *