Lanal TBK Amankan Kapal Berbendera Malaysia di Perairan Karimun

Kapal jenis Tug Boat TB Meisun T31 berbendera Malaysia ditemukan terapung di Perairan Karimun, Kepulauan Riau oleh Lanal TBK

KARIMUN, RADARSATU.COM – Kapal jenis Tug Boat berbendera Malaysia ditemukan terapung di Perairan Karimun, Kepulauan Riau, Minggu (20/6/2021).

Kapal Tug Boat tersebut diketahui bernama TB Meisun T31 dan diduga masuk ke Perairan Karimun tanpa memiliki izin apapun.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Puji Basuki menjelaskan, Tug Boat asal Malaysia itu ditemukan oleh KAL Pelawan Lanal Tanjungbalai Karimun saat melakukan patroli rutin.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, ditemukan dua orang ABK berkewarganegaraan Malaysia,” jelasnya.

Letkol Puji mengatakan, saat dilakukan interogasi lebih lanjut bahwa sebelumnya jumlah kru di kapal terdapat Lima orang. Tiga diantaranya WNI telah melarikan diri meninggalkan dua ABK asal Malaysia.

Baca Juga :  Perayaan Idul Adha, Lanal TBK Kurban 4 Ekor Lembu dan 5 Ekor Kambing

“Tiga lainnya sudah melarikan diri dari kapal pada malam hari dan meninggalkan dua kru asal Malaysia yang tidak bisa mengemudi kapal, jadi mereka tidak bisa kembali ke Malaysia. Ketiganya adalah nahkoda, mualim, dan Kepala Kamar Mesin (KKM),” katanya.

Letkol Puji menyebutkan, dugaan sementara bahwa kapal tersebut sengaja dibawa oleh tiga WNI ke Perairan Indonesia untuk melarikan diri.

“Kuat dugaan, mereka melarikan diri dikarenakan permasalahan finansial yang diterima oleh awak kapal WNI itu tidak sesuai,” ujarnya.

Baca Juga :  Tujuh Desa Persiapan di Lingga Lanjut ke Tahap Berikutnya, Ini Daftarnya

Letkol Puji menambahkan, secara administrasi kapal tersebut memiliki dokumen yang lengkap dan tidak di temukan pelanggaran. Namun dipastikan kapal itu masuk ke Perairan Karimun tanpa izin.

Terkait kapal tersebut, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Indonesian Leason Offiser (ILO) TNI di Penang, Malaysia.

“Rencananya, kapal tersebut akan dikembalikan kepada pemiliknya yang berada di Malaysia melalui koordinasi bersama dengan ILO di Penang, Malaysia,” tambahnya.

Penulis : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.