Pembangunan Tower Telkomsel di Desa Mubur Segera Terwujud

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Rencana Pembangunan Tower Telkomsel di Desa Mubur Kecamatan Siantan Utara akan segera terlaksana.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas Japrizal saat menggelar rapat dengan Kepala Desa Mubur, Rabu (30 /09/20) lalu.

Dalam rapat tersebut, Japrizal menyampaikan usulan pemerintah daerah kepada operator telekomunikasi sebelumnya yaitu ke operetor Telkomsel,  XL axiata dan smarftren sepertinya membuahkan hasil.

“Dari pihak telkomsel akan melakukan survey beberapa usulan kordinat yang telah disampaikan,” katanya.

Japrizal juga membahas hal hal teknis dan kesiapan diskominfo dan desa untuk turun kelapangan melihat langsung seperti apa kondisi lahan di lokasi dan diiaporkan secara teknis oleh tim survey dibawa ke regional Sumatera Bagian Tengah di Pekanbaru dan Batam Kepri.

Terkait lokasi, pembangunan tower tersebut sebelumnya juga sudah pernah dilakukan survey oleh pihak PT. Telkomsel dan Diskominfotik dan mendapatkan titik koordinat. Namun lokasi tersebut berada di tanah wakaf. Oleh karena itu pihak desa melakukan usulan 2 titik koordinat yaitu di lokasi tanah wakaf dan di sekitar area kantor desa.

“Setelah didapatkan titik koordinat usulan dari pihak desa, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kepala Desa Mubur dan PT. Telkomsel akan melakukan video conference untuk kepastian lokasi yang diusulkan oleh Kepala Desa Mubur,” jelasnya.

Usulan ini sudah juga sudah disampaikan oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris pada Agustus 2020 lalu melalui vicon bersama Deputi Kemenkopolhukam RI, Telkom, Telkomsel dan juga vicon bersama Kedeputian Kemenkomaritim RI.

Hal ini merupakan upaya pemerintah daerah melakukan perluasan peningkatan akses telekomukikasi seperti aksesnsinyal wifi Bantuan bakti Kemenkominfo RI terutaman kebutuhan sinyal 4G operator untuk melayani masyrakat perbatasan saat ini.

“Yang kita rasakan sekarang sudah semakin meningkat sinyal 4Glte operator dibeberapa kecamatan dan desa saat ini, dan terus kita lakukan untuk lokasi lokasi desa yang sinyalnya lemah,” ujar Japrizal.

Sementara itu, Kepala Desa Mubur Aryadi menambahkan, pihaknya akan melakukan pendataan titik koordinat di desa yang akan diusulkan kepada pihak Telkomsel nantinya.

“Kita pemerintah desa akan segera melakukan pengambilan titik koordinat dan kita sampaikan kepada pihak Telkomsel. Semoga pembangunan tower ini bisa segera terealisasi, sehingga dapat mempermudahkan masyarakat dalam berkomunikasi (Haryadi)

Editor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *