Tiga WNA Dievakuasi Prajurit Lanal Sabang dan Tim SAR Gabungan

SABANG, — Prajurit Lanal Sabang bersama Tim SAR Gabungan Basarnas dan BPBD Sabang mengevakuasi tiga warga negara asing dan dua nelayan setempat yang mengalami laka laut saat memancing di Pulau Rondo.

Kronologis kejadian berawal saat para wisatawan ingin berwisata dreving dan memancing ikan di kawasan Pulau Rondo dengan mencater boat Jumat (22/6). Ketika hendak pulang, tiba-tiba mesin boat mati dan terus berusaha diperbaiki, tetapi tidak ada hasilnya, waktu terus berlalu hingga malam dan pagi hari, namun boat tidak juga berhasil diperbaiki.

Danlanal Sabang Kolonel (P) Edi Haryanto, saat mengunjungi korban di Kapal Angkatan Laut (KAL) Sinabang menjelaskan bahwa boat ikan milik melompok nelayan Jurong Perikanan Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang yang disewa oleh 3 orang WNA hanyut akibat kerusakan mesin.

Boat nelayan tersebut disewa turis asing itu sejak hari Rabu lalu, untuk wisata diperairan Pulau Rondo,  namun saat berada disekitar Pulau Rondo boat tersebut mengalami kerusakan bagian mesin dan terapung-apung sejak Rabu hingga hari Jumat.

Selanjutnya Danlanal Sabang memerintahkan KAL Simeuleue II-1-26 untuk mengevakuasi 5 orang penumpang boat yang terdiri dari 2 masyarakat lokal dan 3 WNA (WN Irlandia, Jerman dan Kenya).

Selanjutnya ketiga WNA tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak medis di Rumah Sakit J Lilypoly Lanal Sabang dan pemeriksaan dokumen oleh petugas Keimigrasian dan dinyatakan tidak ada masalah.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *