Atasi Jerawat dalam Semalam, Ini Caranya

Sumber : Alodokter

JAKARTA,RADARSATU.COM – Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum. Kondisi ini terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, lalu menyebabkan peradangan. Tak hanya di wajah, jerawat juga dapat muncul di dada, punggung, bahu, atau leher.

Ada beberapa penyebab jerawat, mulai dari perubahan hormon, konsumsi obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu, hingga stres. Jerawat akibat perubahan hormon sering kali diderita oleh remaja dan wanita dewasa.

Cara menghilangkan jerawat dalam semalam sering kali menjadi pilihan, kala jerawat muncul secara tak terduga.

Beragam Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam

Agar tak mengganggu penampilan, terutama jika ingin menghadiri acara atau pertemuan penting keesokan harinya, ada beberapa cara menghilangkan jerawat dalam semalam, di antaranya:

1. Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil merupakan hasil ekstraksi dari pohon Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. Minyak ini diketahui mampu melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit, sehingga banyak digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tea tree oil secara signifikan dapat mengobati jerawat ringan hingga sedang. Namun perlu diingat, tea tree oil dapat menimbulkan efek samping, seperti kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar.

Jika ingin menggunakan tea tree oil untuk jerawat, Anda harus mencampurkannya dengan carrier oil, seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun. Setelah tercampur, celupkan kapas dan oleskan ke jerawat Anda. Agar kulit tidak kering, oleskan pelembap sebelum tidur setelah menggunakan tea tree oil.

2. Mengoleskan obat jerawat

Obat oles jerawat yang banyak beredar di pasaran bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Penggunaannya pun langsung dioleskan ke jerawat yang meradang, dan biasanya dibiarkan semalaman. Obat oles ini kebanyakan mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Baca Juga :  Peringati Maulid Nabi, BP Batam Undang Ustadz Attabik Luthfi

Benzoil peroksida sendiri dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Namun, kandungan ini dapat membuat kulit kering, sehingga hanya bisa digunakan sebanyak 1–2 kali dalam sehari.

Sementara itu, asam salisilat dapat menghilangkan jerawat dengan cara membersihkan kotoran yang terperangkap di pori-pori, serta mengeringkan pustula atau jerawat dengan white heads.

3. Menggunakan teh hijau

Teh hijau diketahui mengandung senyawa antioksidan dan antiperadangan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, teh hijau juga kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), yang menurut sejumlah penelitian dapat merawat kulit berjerawat dan kulit berminyak.

Penggunaan teh hijau sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyeduh teh hijau dengan ½ gelas air mendidih, biarkan selama 5 menit. Kemudian, keluarkan ampas atau kantong teh hijau, dan simpan di lemari es dalam keadaan tertutup selama 3 hari.

Selanjutnya, basahi kapas dengan larutan teh hijau yang telah disimpan dan oleskan pada jerawat Anda. Cara ini dipercaya ampuh untuk mengurangi peradangan pada jerawat dalam semalam.

4. Mengoleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya tentunya sudah tidak asing dalam rangkaian produk perawatan kullit. Hal ini karena lidah buaya dipercaya mampu melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Lidah buaya juga populer dalam mengatasi gangguan kulit, seperti ruam dan psoriasis.

Baca Juga :  Penggiat Anti Korupsi Ini Maju Caleg Ingin Mengabdi ke Masyarakat

Berkat manfaatnya yang baik untuk kulit, lidah buaya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar ke area kulit yang berjerawat sebelum tidur.

Namun, bila menggunakan gel lidah buaya, pastikan produk yang Anda beli sudah memiliki izin edar dari BPOM, ya.

5. Menggunakan masker belerang (sulfur)

Pengaplikasian masker wajah yang mengandung sulfur dapat menjadi cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Cara kerja sulfur ini sama dengan benzoil peroksida dan asam salisilat dalam mengatasi jerawat, tetapi lebih lembut untuk kulit Anda.

Meski memiliki aroma yang menyengat, sulfur membantu menyerap kelebihan minyak di kulit, membuka pori-pori sehingga kotoran lebih mudah keluar, dan mengurangi peradangan.

Anda dapat menggunakan masker sulfur pada area yang berjerawat saja atau seluruh wajah. Namun pastikan membaca petunjuk penggunaan masker, karena ada masker sulfur yang bisa didiamkan semalaman dan ada pula yang harus dibilas setelah beberapa menit.

6. Mengompres dengan es batu

Cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang satu ini mungkin terdengar aneh, tetapi manfaatnya dapat meredakan peradangan pada jerawat untuk sementara. Trik ini sering digunakan oleh ahli kecantikan untuk mengurangi kemerahan, bengkak, dan nyeri akibat jerawat.

Baca Juga :  Ombudsman Zoom Meeting Bersama Kabaharkam Polri dan Kasatgas COVID-19, Ini yang Dibahas

Sebelum digunakan, bungkuslah es batu dengan kain lembut terlebih dahulu. Kemudian, tempelkan es batu ke jerawat Anda selama 20–30 detik, lalu istirahat selama 1 menit. Cara ini dapat Anda lakukan beberapa kali dalam sehari, atau sebelum keluar rumah untuk mengurangi bengkak pada jerawat.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial yang berasal dari kayu manis, mawar, atau lavender. Tomat dan sari lemon juga dipercaya dapat mengempiskan jerawat jika Anda mengoleskannya sebelum tidur.

Terlepas dari cara apa pun yang Anda pilih untuk menghilangkan jerawat, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa tips membersihkan kulit agar terhindar dari jerawat:

Cucilah wajah setidaknya 2 kali sehari atau setelah berkeringat

Gunakan produk pencuci wajah yang lembut dan bebas alkohol untuk mencegah iritasi

Hindari menggosok kulit wajah dengan keras

Setelah mencuci wajah, bilas dengan air hangat

Keramaslah secara teratur atau setiap hari jika Anda memiliki rambut berminyak

Saat jerawat muncul, jangan sekali-kali memencetnya. Memencet jerawat hanya akan meningkatkan risiko infeksi dan munculnya bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

Jika cara menghilangkan jerawat dalam semalam di atas tidak efektif, dan bahkan jerawat bertahan hingga beberapa bulan, sebaiknya Anda konsultasikan kondisi ini dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber : Alodokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.