Satgas TMMD, Mahasiswa dan Pelajar Tanam 500 Bibit Mangrove

Dansatgas TMMD ke-117 Letkol, Inf. Budianto Damanik bersama-sama menanam bibit mangrove. (Foto: Riandi/Radarsatu).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Satgas TMMD ke-117 mengajak para Mahasiswa KKN dari Universitas Karimun (UK), Siswa-siswi SMA N 1 Buru dan SMP N 1 Buru melakukan 500 bibit pohon mangrove di bibir Pantai Pasar Lama, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Sabtu (15/7/2023).

Penanaman mangrove itu dipimpin langsung oleh Dansatgas TMMD ke-117 Letkol, Inf. Budianto Damanik dan diikuti Dan SSK TMMD ke-117 Kapten Inf. Pahrianto, Anggota Satgas TMMD ke-117, Mahasiswa KKN Universitas Karimun, Pelajar SMA N 1 Buru, Pelajar SMP N 1 Buru dan masyarakat sekitar 30 orang.

“Penanaman pohon magrove yang kita tanam sekitar 500 bibit dengan melibatkan mahasiswa, pelajar dan masyarakat,” kata Dansatgas TMMD ke-117 Letkol Inf Budianto Damanik.

Letkol Inf Budianto Damanik menjelaskan, kegiatan ini merupakan sasaran Non fisik TMMD ke-117 T.A, yang bertujuan untuk mencegah abrasi laut di sekitar Pantai Pasar Lama, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru.

“Ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan menanamkan agar cinta terhadap lingkungan khususnya pantai, dimana kita lihat bersama banyak rumah warga yang berada di bibir pantai,” jelasnya.

Dikesempatan itu, salah seorang masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Darat yang telah peduli terhadap lingkungan di wilayahnya sehingga dapat mencegah abrasi pantai.

“Penanaman magrove ini banyak sekali kegunaan bagi kami masyarakat sekitar pantai, dimana mahluk hidup di pesisir pantai seperti kepiting, ikan dan kerang dapat hidup sekitar pantai dampak panjangnya dapat menambah ekonomi dan pengetahuan kepada generasi muda yang cintai lingkungan,” tambahnya.

Penulis: RndEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *