Bobby Jayanto Hadiri Syukuran HUT ke-18 Persatuan Masyarakat Tapanuli Permata Hang Tuah Permai

Ketua DPD Partai Nasdem Tanjungpinang, Bobby Jayanto saat menghadiri syukuran HUT ke-18 Paguyuban PMTHTP. (Foto: Robbin.S/Radarsatu).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Ketua DPD Partai Nasdem Tanjungpinang, Bobby Jayanto menghadiri syukuran HUT ke-18 Paguyuban Persatuan Masyarakat Tapanuli Permata Hang Tuah Permai (PMTHTP), Jumat (30/6/2023) malam.

Syukuran itu digelar di Gedung Serbaguna Nomensen Kota Piring. Meski diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat para pengurus dan anggota paguyuban.

Dalam acara itu turut menghadirkan pagelaran seni dan budaya batak yang bertujuan melestarikan adat sehingga tidak hilang termakan waktu maupun arus modernisasi.

Seni dan budaya dari beranekaragam suku di tanah air merupakan harta kekayaan dan aset bangsa.

Bahasa dan budaya menunjukkan bangsa, dengan adanya keanekaragaman tentu akan dipersatukan supaya kokoh dan tangguh.

Pada acara pagelaran seni dan budaya batak, tentu ada beberapa point penting yang dapat dipertunjukkan diantaranya, perangkat musik tradisional.

Nama Ulos (sarung tenunan) serta maknanya, kemudian beranekaragam seni tarian dari batak toba, simalungun dan batak karo yang diperagakan kawula muda-mudi masing-masing puak.

Para penari seni dan budaya. (Foto: Robbin. S/Radarsatu).

Ketua Persatuan Masyarakat Tapanuli Permata Hang Tuah Permai, Hasudungan Simanjuntak mengatakan, pertunjukan seni tari yang menampilkan puak toba, puak simalungun dan puak karo bukan hiburan semata, namun melestarikan budaya akan kekayaan daerah untuk generasi muda.

“Para muda-mudi sebagai generasi penerus yang dari awal harus dibina agar dapat memahami betapa pentingnya budaya dan adat istiadat, seperti jenis-jenis tarian serta dapat melestarikan budaya tersebut nantinya,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Tanjungpinang, Bobby Jayanto berharap agar seni dan budaya dari masing-masing suku harus dijaga dan dilestarikan.

Iya juga meminati para generasi muda untuk dapat mempelajari serta memahami manfaat dari seni dan budaya tersebut.

“Kalian sebagai generasi bangsa tidak boleh lengah, betapa pentingnya seni dan budaya dalam hidup ini. Kami sebagai orang tua sangat kagum dengan pertunjukan kalian dan harapan kami jangan cepat berpuas diri akan tetapi potensi yang ada saat ini tetap akan ditingkatkan untuk masa depan nanti,” kata Bobby yang juga anggota DPRD Provinsi Kepri itu.

Menurut Bobby, acara ini merupakan momentum sejarah baru untuk sesama pengurus maupun anggota.

“Jika selama ini HUT Permata Hang Tuah yang dirayakan cukup sederhana, namun kali ini sangat istimewa dan terbukti dengan adanya pagelaran seni dan budaya batak itu sekaligus mendatangkan dua group artis penyanyi daerah dari Kepri yaitu, Bintana Voice Trio dan Asalma Sister Trio yang membuat suasana haru dan terhibur,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Penasehat Persatuan Masyarakat Tapanuli Permata Hang Tuah Permai, Letkol Pol (Purn) Hotlan Butarbutar terlihat sangat antusias mengikuti jalanya acara.

Tampak hadir Kepala Kantor Kesbangpol Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Ir Lamidi yang diwakili salah seorang staf, Camat Tanjungpinang Timur dan perangkat daerah lainya.

Menurut Hotlan Butarbutar, Caleg DPRD Kota Tanjungpinang yang diusung Perahu Nasdem dari Dapil II Tanjungpinang Timur dengan nomor urut 2 itu bahwa momentum seperti ini harus dibina dan dirawat dengan sepenuh hati.

Dari pagelaran seni dan budaya batak yang ditaja oleh Paguyuban Permata Hang Tuah tersebut banyak hal yang dapat dipetik manfaatnya, mulai dari nilai kebersamaan, kekerabatan terhadap sesama, termasuk kekayaan seni budaya yang merupakan aset daerah dan bangsa di tanah air.

“Untuk itu diharapkan masa yang akan datang agar kekompakan serta kebersamaan tidak mudah pupus termakan waktu arus zaman, namun harus benar-benar terjaga,” tambahnya

Penulis: Robbin.SEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *