Wadah Baru Seni, Budaya dan Kesusastraan Melayu di Tanjungpinang -Bintan

TANJUNGPINANG,RADARSATU.COM – Terminal sastra bersama Garuda Melaka menggelar lomba membaca puisi bertajuk “Malam Puisi” dalam rangka memperingati hari jadi Garuda Melaka pertama sekaligus untuk memperkenalkan Terminal Sastra di Joke Coffee, Tanjungpinang, Sabtu (21/10/2020).

Garuda Melaka merupakan organisasi gerakan kepemudaan yang berada di Kota Tanjungpinang dalam seluruh lingkup kehidupan sosial, seni, budaya dan sebagainya.

Selain untuk memperingati hari ulang tahun pertama Garuda Melaka, Malam Puisi ini juga digelar untuk memperkenalkan Terminal Sastra sebagai wadah baru seni budaya dan kesusastraan kota Tanjungpinang dan Bintan.

“Pergelaran Malam Puisi ini dalam rangka Harlah Garuda Melaka dan memperkenalkan Terminal Sastra sebagai wadah dan wajah baru untuk meningkatkan kesadaran berkreatifias pemuda Tanjungpinang dan Bintan dalam bidang seni dan budaya sekaligus untuk menghidupkan kembali kesusastraan yang telah lama mati di negeri Melayu Kota Tanjungpinang dan Bintan,” kata Erik Kantona, Ketua Panitia penyelenggara.

Menurutnya, terminal sastra ini dibentuk dengan inisiasi dan kesadaran pemuda daerah yang mulai solid melihat minimnya wadah-wadah yang dibuat oleh Dispar atau dinas terkait, terkhusus di Kota Tanjungpinang sebagai pusat bahasa dan budaya Melayu.

Juara 1 dalam malam puisi yang digelar diraih oleh Muhammad Sabri dengan judul puisi “Sabda Corona”, Diikuti oleh Anita Wulandari sebagai juara 2 dengan judul puisi “Penantian Dalam Harapku” dan Ismi Hidayatus sebagai juara 3 dengan judul puisi “Wara Wiri Carabih Negeri”.

Erik juga berharap tentunya terminal sastra bisa bersanding dengan kegiatan-kegiatan besar bersama LAM dan dinas terkait dalam memelihara kebudayaan dan kesusastraan Melayu di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

“Kita (Red: Terminal Sastra) kedepannya akan menjadi wadah baru dalam mewadahi kreatifitas seni budaya dan kesusastraan Melayu bagi pemuda di kota Tanjungpinang dan Bintan, nanti kalaulah sejalan dengan LAM atau dinas terkait tentu kita akan bekerja sama atau jika tidak kita berjalan sendiri seperti ini,” tegasnya.

(Ravi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *