Indeks

Pengendara Gunakan Knalpot Brong Bisa di Penjara

Anggota Satlantas Polres Karimun tertibkan knalpot brong di sekolah. (Foto: Dok.HumasPolresKarimun).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Satlantas Polres Karimun melakukan penindakan terhadap sejumlah pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak standar atau (knalpot brong), Kamis (18/1/2024).

Penertiban knalpot brong ini dilaksanakan oleh Satlantas Polres Karimun selama 1 pekan di sejumlah lokasi yaitu, di depan Mako Polres Karimun, Costal Area Karimun, SMPN 2 Tebing Karimun, SMAN 1 Karimun, SMA Swasta Maha Bodhi Karimun, SMAN 2 Karimun, SMK Yaspika Karimun dan SMPN 1 karimun.

Kasat Lantas Polres Karimun, Iptu Dristica Brian mengatakan, penindakan dan penyitaan knalpot ini merupakan upaya preventif kepolisian dalam mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Penindakan ini kita lakukan berdasarkan laporan dari masyarakat Kabupaten Karimun yang sangat terganggu apabila mendengar sepeda motor menggunakan knalpot brong,” katanya.

Hasil penindakan yang dilakukan, Satlantas Polres Karimun berhasil menyita sebanyak 62 knalpot brong dari rangkaian kegiatan penertiban serta kegiatan KRYD yang dilaksanakan oleh Polres Karimun.

“Tujuan adanya kegiatan sosialisasi dan penertiban knalpot brong ini untuk memberikan pemahaman terhadap keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas serta memberikan himbauan agar tidak menggunakan knalpot brong, yang mana sesuai UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 ayat 1 Jo pasal 106 ayat 3 dapat dikenakan hukuman penjara satu bulan atau denda maksimal Rp. 250.000,” jelasnya.

Penulis: HarryEditor: Riandi
Exit mobile version