Daerah  

Sukseskan Pilkades, Masyarakat Harap Kades dan Perangkat Desa Jaga Netralitas

SUNGAI AMBAT, RADARSATU.com – Masyarakat Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir mengharapkan agar seluruh Aparat Desa  maupun kepala desa (Kades), dalam pesta pilkades harus dapat netral ,demi kelancaran dan kedamaian Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok dalam pesta pilkades dibulan Oktober mendatang.

“Saya berharap agar seluruh perangkat dan aparatur desa termasuk  kades untuk objektif bersikap netral dalam pilkades serentak,” papar Rahman Kepada awak media, Selasa (20/07/2021).

Menurut Rahman, momen pilkades serentak tahun 2021 di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok yang   diikuti sebanyak 2 Calon, seluruh perangkat desa harus dapat netral.

Disamping itu, Rahman juga mengungkapkan, jika pilkades serentak tahun 2021 ini sebagian besar perangkat desa untuk jaga netralitas, serta keberpihakan untuk tidak  menjadi panitia pilkades, sehingga semua perangkat desa bisa menjaga kenetralanya untuk tidak memihak salah satu calon kepala desa.

Menurutnya ,semua  calon adalah warga kita sendiri maka dari itu bagi perangkat desa harus dapat netral.

“Karena siapapun nanti yang terpilih akan menjadi pemimpin kita di pemerintahan desa Sungai Ambat ini, jadi tidak boleh ikut campur atau jadi kepanitian,” katanya.

Rahman mengharapkan kepada para petugas Pengawas Pilkades yang telah dipercaya, apalagi mendapatkan honor dari anggaran daerah harus dapat menjalankan tugas sebagai mana mestinya sebagai pengawas.

Bagi petugas pengawas harus dapat memberikan laporan selengkap lengkapnya, begitu juga kepada Indragiri Hilir harus dapat memberikan sanksi bilamana ada perangkat Desa yang tidak netral,atau kalau mau menjadi Tim sukses salah satu calon lebih baiknya mundur dahulu dari jabatan perangkat desa, papar Rahman.

“Sanksi akan berupa peneguran, karena ikut terlibat dalam kampanye itu termasuk dalam larangan, seperti yang lansir UU desa mengenai pelaksanaan kampanye yang dilarang. Dalam rangka menjaga netralitas kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Kepada seluruh masyarakat Desa Sungai Ambat  untuk memotret dan menvidiokan kepala Desa, Perangkat Desa, BPD yang ikut mengkampanyekan salah satu paslon,’’ tuturnya.

 

(Juki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *