Daerah  

Bupati Kuansing dan Dharmasraya Bahas Pembangunan Jalan Tol Dharmasraya-Kuansing-Inhu

KUANSING, RADARSATU.com – Bupati Kuansing Andi Putra menemui Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan di kantor Bupati Dharmasraya, Senin (12/7/2021).

Pertemuan itu untuk menggagas rencana pembangunan jalan tol penghubung antara kawasan Barat dan Tengah pulau Sumatera dengan jalan Tol Trans Sumatera dibagian Timur Sumatera yang akan melalui Kabupaten Dharmasraya, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

Sebelumnya pada Jumat ( 9/7/2021) pekan lalu, Sutan Riska dan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir sempat melawat ke Kuansing untuk membincangkan rencana pembangunan jalan tol itu. Namun pertemuan batal karena Andi Putra sedang berada di luar kota.

“Mohon maaf pak Bupati Sutan Riska tidak bisa bertemu saat ke Kuansing bersama Pak Bupati Sijunjung. Maka sekarang Saya berinisiatif ke Dharmasraya lagi bersilahturahmi sebagai Kabupaten yang bertetangga sekaligus membahas kelanjutan pembangunan jalan tol,” kata Bupati Kuansing Andi Putra, Senin (12/7/2021) kemarin.

Disampaikan Andi Putra, sewaktu ia masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kuansing, ia sudah mendengar rencana pembangunan jalan tol itu. Kala itu, usulan awal panjang tol yang akan melintasi Kuansing sepanjang 4 kilometer saja, artinya hanya melewati Kecamatan paling ujung yakni Desa Perhentian Sungkai Kecamatan Pucuk Rantau.

“Kalau 4 Km kita hanya menonton saja itu. Maka kesempatan ini, saya usulkan Kita mendapat 137 Km. Saya ingin warga Dharmasraya dekat ke Kuansing dan Pekanbaru,” ungkapnya.

Andi Putra menerangkan, ruas tol di Kuansing harus memiliki pintu masuk dan keluar utama Kendaraan dan rest area tersendiri agar warga Kuansing tidak perlu ke Dharmasraya atau Rengat agar dapat menggunakan jalan tol.

Pemkab Kuansing mengusulkan agar satu pintu tol dibangun di Teluk Kuantan yang menghubungkan ruas tol bagian Timur Teluk Kuantan.

Pembangunan jalan tol ini akan diajukan ke pemerintah pusat sehingga berstatus jalan nasional dan dana pembangunan serta pemeliharaan ditanggung APBN.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska yang mendengar penuturan Andi Putra itu mengaku senang dan kagum dengan semangat Andi Putra dalam mendukung rencana usulan pembangunan jalan tol Dharmasraya-Kuansing Inhu.

“Ini menunjukkan kita punya cita-cita yang sama untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, pembangunan jalan tol ini tidak hanya mempersingkat waktu perjalanan tetapi juga membuka akses perekonomian yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali potensi sumber daya alam daerah.

(Sartika)
Editor: Patar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *