Daerah  

Diduga, Oknum TNI Serobot Tanah Masyarakat di Desa Setiang Kuansing

KUANSING, RADARSATU.com – Nurman bersama lima warga Muara Petai kecamatan Pucuk Rantau, Kabupaten Kuantan Singingi menjadi korban penyerobotan lahan yang dilakukan oleh J yang diduga merupakan oknum TNI.

Nurman menuturkan, lahan miliknya dan lima warga lain dikelola secara sepihak oleh J tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu.

“Inti dari laporan yang dilayangkan korban adalah pengolahan lahan tanpa pemberitahuan. Padahal lahan tersebut secara kepemilikan adalah milik korban yang bernama Nurman dan warga lainnya,” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Nurman juga menunjukkan Surat Keterangan Penguasaan Tanah (SKPT) yang diterbitkan Desa Seitiang tahun 2018 dan kwitansi biaya pembuka lahan yang menegaskan ia adalah pemilik sah dari tanah yang dikuasi oknum tersebut.

Baca Juga :  Lakukan Peremajaan Kelapa, Bupati Inhil Apresiasi Capaian Disbun

Berdasarkan keterangan Nurman, diduga oknum TNI merupakan kaki tangan dari salah satu perusahaan asing yang menjadi dalang dari kegiatan tersebut.

Ketua BPD Desa Setiang, Edi Hamzah mengatakan, oknum TNI atau perwakilan perusahaan tidak pernah memberitahu aparat Desa dan masyarakat setempat terkait pembukaan lahan itu.

“Oknum atau perwakilan perusahaan tersebut tidak pernah datang untuk memberitahu atau musyawarah kepada masyarakat sekitar jika akan adanya pembukaan lahan atau pengolahan lahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Seitiang, Rasid Asmianto hingga saat ini belum ada laporan dari kedua belah pihak terkait penyerobotan lahan ini.

Baca Juga :  DPRD Soroti Kinerja DLH Kuansing, Rustam: Keterbatasan Rasionalisasi Anggaran

Namun, tiga hari yang lalu ada oknum J yang datang ke kantor Desa hendak mengurus SPKT tanah.

Ia meminta agar kedua belah pihak yang bersengketa dapat bermediasi untuk menyelesaikan kasus penyerobotan lahan tersebut.

“Kita berharap dapat duduk bersama dengan semua pihak. Baik pihak Nurman dan juga pihak J Agar masalahnya lebih jelas dan terselesaikan dengan baik,” pintanya.

(Sartika)
Editor: Patar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.