Indeks

Desa Genting Pulur Salurkan BLT Tahap III Kepada 28 KK

ANAMBAS– Pemerintah Desa Genting Pulur Kecamatan Jemaja Timur telah salurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap III bagi masyarakat yang terdapak pandemi Covid-19. Bantuan tersebut disalurkan kepada 28 kepala keluarga penerima BLT tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala desa Genting Pulur Bambang Asmara.

Pemerintahan desa Genting Pulur Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Anambas telah menyalurkan bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap ketiga kepada warga desa setempat.

Saat ditemui awak media ini, Bambang Asmara selaku Kepala Desa Genting menjelaskan bahwa pihaknya telah menyalurkan BLT hingga Tahap III.

“Sebanyak 28 kepala keluarga penerima bantuan langsung tunai melalui alokasi dana desa ( DD) pusat tahap III yang kita salurkan pada minggu lalu, jelas Bambang, diruang kerjanya, Sabtu (25)7/2020).

Menurut Bambang, dana sebesar Rp 600 ribu diserahkan pada tiap penerima yang terdampak Covid-19.

Dikatakannya, alokasi dana desa yang dianggarkan untuk penanganan pandemi Covid-19 lebih kurang sebesar 170.700.000 yang tergabung dari 70 juta di alokasikan untuk operasional penanggulangan Covid-19, sedangkan 83.700,000 di alokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai ( BLT)

“Alokasi BLT-DD sebesar 83.700. Juta tersebut sudah termasuk untuk tiga bulan berikutnya yang akan diserahkan, saat ini kita pemerintah desa menunggu instruksi kapan di salurkan”.

Lanjut Bambang, saat ini BLT sudah disalurkan hingga tahap III dengan nilai sebesar 52.200.000, sisa dari angka tersebut untuk tiga bulan kedepannya.

Sedangkan anggaran sebesar 70 juta untuk operasional penangan Covid-19 diperkirakan sudah tersebar pembelanjaannya lebih kurang sebesar 33 juta rupiah.

Diketahui, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Pemdes Genting Pulur kepada penerima sebelumnya berjumlah 30 Kepala kelurga penerima ada dua penerima yang tidak dapat diberikan pada penyaluran BLT tahap II dan III.

Bambang Asmara selaku orang nomor satu di Desa Genting Pulur tersebut menyebutkan, ada dua nama yang tidak mendapatkan BLT tahap II dan III dikarenakan secara administrasi tidak memenuhi syarat, sebelumnya sudah kita dicarikan solusi tetapi tetap melanggar ketentuan maka dua nama tersebut kita keluarkan sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II dan III.

Sebelumnya penerima Bantuan Langsung Tunai ( BLT) dari dana desa (DD) berjumlah 30 penerima disebabkan ada terbenturnya administrasi setelah di lakukan pengecekan, pihak desa mengeluarkan 2 nama tersebut.

Untuk penyerahan bantuan tiga bulan kedepan akan diserahkan sebesar 300 ribu rupiah. Bahkan saat ini pihaknya menunggu instruksi dan arahan apakah bisa disalurkan atau tidak.

Selain itu juga, Pemerintah Desa Genting Pulur dalam penanganan Pandemi Covid-19 selama berjalan terus menghimbau menjaga jarak dan tetap selalu menggunakan masker. Pemerintah Desa juga menitribusi masker kepada masyarakat.

“Pembagian masker juga kita laksanakan dan kita bagikan kepada masyarakat juga secara bertahap,” jelas Bambang sambil menunjukan tumpukan masker diruang kerjanya

Bahkan, pembagian masker tahap III akan diserahkan kepada masyarakat di saat diselenggarakan sholat idul Adha nantinya.

Selain itu juga Bambang menyampaikan, Setiap rumah warga disediakan tempat cuci tangan serta sabun untuk pusat pembelanjaan menggunakan anggaran Covid-19.

Walaupun saat ini berstatus new normal Bambang Asmara berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga lingkungan.

” Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu, bagi warga tetap mengikuti protokol kesehatan dan jaga kebersihan lingkungan tetap memakai masker,” tukasnya.

Penulis: Hariyadi
Editor: Taufik

Exit mobile version