Sebagai Desa Percontohan, 95 Kades Kabupaten Meranti Kunjungi Desa Toapaya Selatan

Dari kiri Kades Toapaya Selatan, Suhenda, Camat Toapaya Selatan, Ivan Golar Riady, Plt. Kadis PMD Pemkab Meranti, Sukirno dan Ibu Dir Binmas Babin Kamtibmas Polda Riau. Yessika, sedang mengikuti jalanya acara. (Foto:Robbin/Radar Satu)

BINTAN, RADARSATU.com — Sebanyak 95 Kepala Desa (Kades) Kabupaten Meranti melakukan kunjungan kerja atau Kunjungan Icon Training ke Desa Toapaya, Kabupaten Bintan, Selasa (5/9/2023).

Kedatangan 95 Kades dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD) Pemkab Meranti, Sukirno didampingi Dir Binmas Babin Kamtibmas Polda Riau, AKBP. Yessika.

Desa Toapaya Selatan merupakan salah satu Desa di Kabupaten Bintan yang mana Desa Toapaya Selatan merupakan salah satu Desa pemekaran dari Kecamatan Gunung Kijang pada tahun 2005.

Berbagai pembangunan sarana infrastruktur seperti Aula ruang rapat Desa, Puskesmas, Mesjid, TK Paud, serta Lapangan Sepak Bola memadai di Desa Toapaya Selatan.

Sebagai daerah tingkat Desa kesiapan pengelolaan tata ruang wilayah dapat dilihat melampaui tata ruang Wilayah Kecamatan.

Langkah pendekatan dengan Masyarakat Desa secara bertahap tetap diupayakan sehingga mampu membentuk kelompok tani, Koperasi sampai tingkat bisnis yang memadai mendirikan mini Market yang disebut ” Bumdes Mart ” atau Badan Usaha Milik Desa Toapaya Selatan.

Dari berbagai aspek penataan ruang dan pengelolaan koperasi. mampu merekrut tenaga kerja Masyakat terutama yang memiliki Skill Sumber Daya Manusia. Kini pundi- pundi perekonomian masyarakat cukup terbantu.

Kadis PMD Kabupaten Meranti, Sukirno mengaku Desa Toapaya Selatan merupakan salah satunya Desa yang mereka pilih untuk Icon training Centre. Hal ini untuk sebagai bahan belajar dan latihan bagaimana cara mengelola Desa agar bisa maju memakmurkan Masyarakat Desa.

“Kami ingin belajar dari Desa Toapaya Selatan untuk pembekalan supaya kamu di Pemkab Meranti dapat mencontoh dalam usaha pengembangan Desa baik di sektor Pertanian, Tata ruang, bahkan tingkat Koperasi yang sangat menguntungkan,” kata Sukirno.

Sementara, Camat Toapaya, Ivan Golar Riady mengatakan Desa Toapaya Selatan salah satu Desa kebanggaan dan yang paling unggul diberbagai aspek maupun sektoral pembangunan Infrastruktur.

Dirinya menyebut Desa Toapaya Selatan bisa saja menjadi Desa percontohan hal ini dikarenakan adanya strategis kawasan Desa Toapaya Selatan yang bisa disebut sebagai mini Metropolitan.

“Kedepan Desa Toapaya Selatan akan melirik event yang dapat menguntungkan daerah pedesaan ini seperti sektor dinasty Pariwisata maupun Swakarya Kelompok Tani,” pungkasnya.

Kades Toapaya Selatan, Suhenda mengatakan pelatihan peningkatan kapasitas kapasitas kepada Desa untuk optimalisasi pengelolaan pendapatan Asli Desa dan pengelolaan keuangan Desa tahun 2023 oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti hanya berlangsung satu hari.

“Pelatihan peningkatan kapasitas kepada Desa untuk optimalisasi pengelolaan pendapatan asli Desa dan pengelolaan keuangan Desa tahun 2023 oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti hanya berlangsung satu hari kemudian rombongan akan kembali ke daerah Meranti hari Rabu besok,” tambah Kades Toapaya Selatan seusai acara. (Robbin(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *