Polres Bengkalis Gelar Kegiatan Penghijauan dan UMKM Presisi Expo 2023 

Kapolres Bengkalis, AKBP  Setyo Bimo Anggoro Bersama FKPD Melalukan Penanaman Mangrove. (Foto: Ria Noviana/Radarsatu)

BENGKALIS, RADARSATU.com – Jalan Utama Desa Jangkang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis menjadi saksi pelaksanaan acara yang berdampak positif, yakni Penghijauan, Bakti Sosial, dan UMKM Presisi Expo 2023 Polres Bengkalis.

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan dalam acara tersebut salah satunya pemberian bantuan sosial (Baksos) kepada para penerima yang dilakukan secara simbolis. Baksos ini diberikan oleh Bupati Bengkalis, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Kapolres Bengkalis, dan Kepala pengadilan negeri bengkalis.

Penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh Kapolres Bengkalis, yang diikuti oleh semua peserta. Acara juga dijadikan lebih istimewa dengan adanya live streaming penanaman bibit mangrove bersama Mabes Polri.

Kapolres Bengkalis, AKBP  Setyo Bimo Anggoro mengaku kegiatan yang dilakukan sebagai bagian penghijauan kawasan pesisir yang tak kalah pentingnya dengan penghijauan di daratan. penanaman mangrove ini harapannya dapat menjadi penyangga wilayah pesisir kabupaten bengkalis khususnya wilayah desa jangkang ini.

Tanaman mangrove diketahui memiliki aneka manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutannya  lingkungan hutan mangrove, diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak, dan pasang surut. sistem akar mangrove yang rumit juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator,” Kata Kapolres Bengkalis, Selasa (23/8/2023)

Selain itu Kabupaten Bengkalis yang berbatasan dengan garis pantai yang cukup panjang, menghasilkan potensi sekaligus tantangan. Dan penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan, guna menjaga kota ini terhindar dari bahaya rob, pasang surut air laut yang ber akibat pada erosi dan hal lainnya.

“Hal positif ini tentu bukan sebatas seremoni saja, melainkan upaya kita bersama menjaga kelestarian lingkungan, sebagai bentuk tanggung jawab bersama. saya yakin jika penanaman ini berhasil dan terus dikembangkan, tidak hanya akan menghasilkan ekosistem air yang bersih dan sehat melainkan juga dapat berpotensi sebagai sumber pendapatan dalam pengembangan wisata hutan mangrove atau hal positif lainnya,” pungkas Kapolres Bengkalis.

Dirinya juga berpesan pada warga Desa Jangkang agar tanaman mangrove dapat dijaga, supaya tumbuh kuat, lebat dan bermanfaat sehingga lingkungan akan semakin lestari.

 

Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, acara ini pun ditutup dengan harapan bahwa langkah-langkah positif yang dilakukan dalam Penghijauan, Bakti Sosial, dan UMKM Presisi Expo 2023 Polres Bengkalis akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat setempat. (Ria Noviana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *