BMKG: Jenis Gempa Bumi Kuantan Singingi Merupakan Gempa Dangkal

Peta Gempa Yang Terjadi Di Kuantan Singingi Menurut Forecaster BMKG Pekanbaru, Jumat (04/08/2023). Foto: Diskominfo Riau

PEKANBARU, (RADARSATU.com) – Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr Suaidi Ahadi menyebut Gempa Tektonik dengan kekuatan 4,3 Magnitudo merupakan salah satu Jenis gempa bumi dangkal. Hal di akibatkan adanya aktivitas sesar lokal.

“Episenter gempa bumi berada di darat pada jarak 17 km arah Barat Laut Kuantansingingi, Riau, dengan kedalaman 10 km. Gempa bumi ini jenisnya dangkal dan akibat adanya aktivitas sesar lokal,” kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr Suaidi Ahadi dikutip Jumat (4/8/2023) sore.

Selain itu, Gempa bumi dirasakan di daerah Solok dengan skala intensitas III-IV MMI. “Berdasarkan hasil pemodelan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Dijelaskan dia, hingga saat ini, belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, menghindari bangunan yang rusak, dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa,” imbaunya.

“Pastikan informasi resmi hanya berasal dari BMKG melalui saluran komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tandasnya.

Editor: Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *