Camat Toapaya Selatan Sebut Desa Toapaya Selatan Penggerak Ekonomi Masyarakat

Kepala Desa Toapaya Selatan, Suhenda. Foto: Robbin/radarsatu.com

BINTAN, RADARSATU.com – Terdiri dari dua desa dan satu kelurahan, Kecamatan Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan ternyata menyimpan sebuah desa yang sangat menonjol dan pantas dijadikan sebagai desa percontohan kepada desa-desa yang ada di Kabupaten Bintan.

Desa itu tidak lain, Desa Toapaya Selatan. Sebuah desa yang memiliki pengembangan bidang pembangunan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian dan padat karya.

Camat Toapaya Selatan, Ivan mengatakan, di berbagai sektor itu perangkat desa memaksimalkan penguatan dalam menggenjot perekonomian masyarakatnya.

Terlebih, hampir 90 persen Desa Toapaya Selatan ini dilengkapi sarana prasarana fasilitas seperti sarana perkantoran seperti Puskesmas, TK Paud, Sarana Pendidikan non formal, Mesjid

dan Kantor lainya yang bersinergitas dengan pemerintah Desa Toapaya Selatan.

Kemudian faktor penunjang lainya yang bergerak dibidang ekonomi rakyat yakni ada usaha Padat Karya seperti Pertanian, Bumdes Mart dan beberapa berbasis usaha bentuk

Koperasi Desa.

“Usaha giat memberdayakan Desa dari sektor pembangunan adalah prioritas,” kata Ivan.

Ditempat yang terpisah, Kepala Desa Toapaya Selatan, Suhenda mengatakan,

dengan adanya sektor peningkatan ekonomi rakyat tentu akan memberikan ruang gerak Swakelola bidang pertanian dan Padat karya, dengan demikian aktivitas masyarakat dapat memberikan nilai tambah hidup serta tentu sangat bermanfaat bagi warga desa.

Menurut Kades tiga periode itu, langkah untuk memimpin desa yang mencapai luas wilayah sekitar 91 ribu hektar bukanlah pekerjaan yang mudah, maka dalam membangun sumber daya manusia dan peningkatan perekonomian rakyat butuh proses waktu dengan tahapan maupun program kerja.

“Kita juga menampung semua aspirasi dari Warga termasuk Ketua RT/RW setempat sehingga ada perpaduan sinkronisasi dalam pelaksanaan program kerja,” ujarnya.

Salah satu Warga Desa Toapaya Selatan, Aheng(54) turut membenarkan kinerja Kades tiga periode tersebut. Selain kerjanya cepat, teruji dan terukur, Suhenda juga dekat dengan warga karena senang berbaur.

Kata Aheng, selain loyal, kepedulian sosial Kades Suhenda juga sangat tinggi sehingga sulit dilupakan warga terbukti sampai duduk menjabat tiga periode.

“Jujur saja untuk menjabat satu periode sudah sulit dipertahankan, apalagi menjabat tiga periode,” tutur Aheng.

Penulis: Robbin S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *