Daerah  

Disdukcapil Kuansing Belum Miliki Mobil Pelayanan Keliling

HM Refendi Zukman, Kadisdukcapil Kuansing

KUANSING, RADARSATU.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi hingga kini belum memiliki mobil pelayanan keliling.

Belum adanya mobil keliling itu disebabkan disebabkan oleh refocusing anggaran yang dilakukan oleh Pemkab Kuansing untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Untuk mobil pelayanan keliling tidak jadi kita adakan tahun 2020 karena masuk refocusing untuk anggaran penanganan Covid-19,” kata Refendi Zukman Kadisdukcapil Kuansing, Kamis (20/5/2021).

Meski demikian di masa pandemi Covid-19, Disdukcapil Kuansing tetap memberikan pelayanan jemput bola dengan menunjuk desa terdekat sebagai tempat perekaman E-KTP. Di Kuansing baru terdapat tiga Kecamatan yang bisa melakukan perekaman E-KTP seperti Kecamatan Kuantan Tengah, Kuantan Mudik dan Singingi.

Baca Juga :  Wabup Inhil Syamsuddin Tinjau Vaksinasi Massal

“Kita minta kepada masyarakat desa di desa sekitar bisa bersama mengikuti perekaman KTP dan pembuatan akte di Desa yang telah ditunjuk, sehingga tidak perlu datang ke Dukcapil lagi dan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pelayanan,” ujar Refendi.

Selama pandemi Covid-19, Disdukcapil Kuansing telah berhasil membagikan 9.500 Kartu Identitas Anak (KIA) dan tengah menjadwalkan pembagian E-KTP dan akte kelahiran.

“Sampai hari ini kita sudah menyerahkan KIA 9.500 KIA, sedang utk pelayanan keliling KTP elektronik dan Akte kelahiran lagi disusun jadwal turunnya, insha Allah awal Juni sudah bisa berjalan, sama seperti tahun kemaren,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemkab dan DPRD Bintan Sepakati APBD Perubahan 2023

Sebelumnya saat rapat paripurna penyampaian rekomendasi akhir DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Kuansing tahun anggaran 2020 di ruang paripurna DPRD Kuansing, Rabu (19/5/2021) yang lalu DPRD meminta Disdukcapil memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan menjalankan mobil pelayanan keliling untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari ibukota Kabupaten.

(Sartika)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *