Daerah  

Peringati Hari Bakti Permasyarakatan, Lapas IIB Teluk Kuantan Gelar Lomba Antar Napi

Kepala Lapas IIB Teluk Kuantan, Yurdani Bersama Kepala Pengamanan Lapas, Aldino Oetalaperta Foto Bersama Pegawai Lapas.

KUANSING, RADARSATU.com – Lembaga Permasyarakatan kelas IIB Teluk Kuantan menggelar upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 57 secara virtual melalui video conference, selasa (27/4/2021).

Upacara dilaksanakan di gedung Lapas IIB Teluk Kuantan itu dihadiri oleh Kepala Lapas, Yurdani, Kepala Pengamanan Lapas Aldino Oetalaperta serta seluruh pegawai Lapas.

Menkopolhukam Indonesia, Mahfud MD yang bertindak sebagai inspektur upacara meminta agar peringatan 57 tahun pemasyarakatan membawa semangat besar bagi setiap Lapas untuk mengubah mindset publik terkait sistem peradilan perdana.

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 579

“Salah satunya adalah menghapus kecenderungan prison oriented atau dalam menyelesaikan masalah kejahatan selalu berujung pada pemenjaraan, “katanya, Selasa (27/4/2021).

Ia menuturkan, dalam pendekatan sistem pemasyarakatan diperlukan pembinaan yang berkesinambungan, sistematis, terarah dan mengedepankan perlakuan yang manusiawi dan menghormati hak-hak narapidana sebagai manusia.

“Inilah keyakinan yang sampai saat ini perlu kita perjuangkan, kita sebarkan, kita tularkan agar menjadi kesadaran kolektif dan akhirnya menjadi budaya bersama,” ujar Mahfud.

Yunardi melalui Aldino Oetalaperta mengatakan, dalam memperingati hari Bakti Kemasyarakatan ke – 57. Lapas IIB Teluk Kuantan telah melakukan rangkaian kegiatan sejak awal April 2021.

Baca Juga :  Bupati Inhil Bersama DPRD Inhil Berikan Penghargaan Ke Kapolres Inhil

Rangkaian kegiatan itu diantaranya melakukan penggeledahan kamar warga binaan dengan bekerjasama dengan BNN Kuansing untuk menghindarkan warga binaan dari kepemilikan narkotika.

“Kegiatan kami lakukan di Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan diantaranya Sidak mendadak dan penggeledahan kamar penghuni Napi bekerjasama dengan BNNK Kuansing,” ujarnya.

Selain itu, Lapas juga menggelar pertandingan olahraga antar warga binaan sepeeti catur, domino, dan Badminton. Dan juga bakti sosial untuk warga kurang mampu yang tinggal di sekitar Lapas IIB Teluk Kuantan.

(Sartika)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.