Baling-Baling Kapal Sanus 83 Tidak Berfungsi, Ini Kata Pelni Tanjungpinang

Guruh Dwi Saputro, Kepala PT. Pelni Cabang Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM- Kepala PT. Pelni cabang Tanjungpinang, Guruh Dwi Saputro angkat bicara terkait tidak berfungsinya salah satu baling-baling kapal Sabuk Nusantara (Sanus) 83.

Untuk sementara, Guruh menduga tidak berfungsinya salah satu baling-baling kapal itu akibat tersangkut jaring nelayan sehingga tidak berfungsi.

“Baling-baling nya tersangkut jaring nelayan, jadi ini mau di selam untuk mengetahui penyebabnya kerusakannya,” katanya, Selasa (19/1).

Ia mengatakan, kantor Pelni Tanjungpinang juga telah mengajukan permintaan penyelaman ke kantor pusat PT Pelni untuk mengetahui penyebab tidak berfungsinya baling-baling kapal itu.

Sebelum melakukan penyelaman, nantinya teknisi kapal akan menyelidiki apakah tidak berfungsinya baling-baling kapal berasal dari mesin kapal.

“Permintaan selam harus persetujuan Pelni pusat, mesinnya diselidiki dulu. Kalau mesinnya tidak bermasalah baru dilakukan selam,” ujarnya.

Sesuai jadwal keberangkatan, kapal Sanus 83 dijadwalkan akan berangkat dari pelabuhan Sri Bintan Pura ke Kuala Maras, Tarempa, Midai, Sedanau, Ranai Selat Lampa, Subi, Serasan, Sintete dan Tambelan pada Kamis (21/1) lusa.

Guruh memastikan, pihaknya tidak akan mengoperasikan kapal cadangan apabila perbaikan kapal tidak rampung sebelum jadwal keberangkatan.

“Nggak ada, karena armada di pelabuhan SBP itu banyak antar pulau,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin (18/1) kemarin, Kapal Sanus 83 tiba di pelabuhan Sri Bintan Pura setelah berangkat dari Tambelan.

Di perjalanan, salah satu baling-baling kapal yang membawa 74 penumpang dari Tambelan itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tidak berfungsinya baling-baling kapal itu mengakibatkan kapten kapal tidak berani bersandar untuk menurunkan penumpang di dermaga pelabuhan Sri Bintan Pura karena angin kencang dan takut menabrak pelabuhan.

Penumpang kapal itu terpaksa di pindahkan ke kapal Oceanna sebelum diturunkan di dermaga Pelabuhan Sri Bintan Pura.

(Nuel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *