Pedagang Encik Puan Perak Tanjungpinang Sepi Pembeli, Diduga Karena PKL yang Terus Menumpuk

Suasana Pasar Encik Puan Perak Tanjungpinang. (Foto: Yuki)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Para pedagang di Pasar Encik Puan Perak Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) mengeluhkan sepinya pembeli.

Para pedagang menduga, sepinya pembeli itu lantaran banyaknya pedagang kaki lima (PKL) di pasar tersebut yang terus menumpuk dan menjamur.

Salah seorang pedagang, Siti Wasila mengatakan, permasalahan PKL di kawasan Pasar bukanlah hal baru dan telah berlangsung lama.

“Masalah PKL ini sebenarnya bukan hal baru. Sejak lama, para pedagang meminta agar PKL ditertibkan. Namun hingga kini belum ada perubahan, bahkan permasalahan ini sudah semakin mengakar,” kata Siti, Jumat (13/09).

Baca Juga :  Kadisdik Kota Tanjungpinang: Pembelajaran Tatap Muka Harus Izin Orang Tua Siswa

Ia berharap pemerintah dapat bertindak lebih tegas. Namun, tetap humanis dalam menangani PKL, agar mereka bersedia kembali berjualan di dalam pasar.

“Jangan hanya mengarahkan masuk ke dalam pasar tanpa pengawasan lebih lanjut. Akibatnya, banyak pedagang yang kembali berjualan di pinggir jalan,” tambahnya.

Ahmad, seorang pedagang daging ayam juga merasakan hal serupa. Ia mengeluhkan bahwa banyak pembeli lebih memilih berbelanja dari PKL yang berjualan di luar pasar daripada di dalamnya.

“Banyak PKL yang hanya menyimpan barang dagangannya di dalam pasar. Mereka berjualan di depan. Akibatnya, kami yang berada di dalam pasar semakin sepi,” ungkap Ahmad.

Baca Juga :  Keluarga Ragukan Hasil Autopsi Dyo, Anak 13 Tahun yang Meninggal Usai Berobat di Puskesmas Sei Jang

Penurunan jumlah pengunjung ini berdampak langsung pada penjualan, terutama bagi pedagang daging seperti Ahmad.

“Dulu dalam sehari bisa menjual 300-400 ekor ayam karena pasar sangat ramai. Sekarang hanya sekitar 40 kilogram per hari,” ujarnya.

Para pedagang berharap agar pemerintah dan pengelola pasar segera mengambil tindakan untuk menertibkan kembali PKL dan mengarahkan mereka untuk berjualan di dalam pasar.

Hal itu demi mengembalikan kejayaan Pasar Baru Encik Puan Perak Tanjungpinang.

Respon (3)

  1. Saran n kpda pemerintah terkait. Kedepan kalo bikin pasar . Kalo boleh bikin jdi 1 lantai saja agar memudahkan pembeli untuk melihat dan mempertimbangkan belanjaan nya. Terkadang kan orang pembeli ini suka la lapr mata dlm istilah belanja 5aknterduga. Di tambah mayoritas ibu ibu mengeluhkan perkara naiknturun tangga nya pak . Trima kasih.

  2. Hal pasar encik puan perak, keluhan para pedagang tsb diatas benar adanya
    Masukan utk pengelola.
    Wkt penertiban dg PJ-1 mulai bagus & cantik, krn beliau terlilit kasus (aturan putus ditengah jalan).

    Seyogyanua pd PJ-2 aturan PJ-1 diteruskan. Wjt PJ-1 semua stickholder dilibatkan (Satpol PP
    BUMD, dll).

    Krn tdk ditrsk kebijakan PJ-1 hingganya brantakan, parkirpun amburadul
    Nah dg hrpn kebijakan pd PJ-2 ini berlanjut, sekilas masukan mhn jika kurang nyaman trims wassalam

    Cttn: Jgn setiap ganti Pjbt ganti pula petaturannya??? & kebujakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *