Indeks

Jalan Fanindo Batam Rusak Parah, Warga Minta Segera Diperbaiki

Jalan di Perumahan Fanindo, RT3 RW6 Batu Aji, Batam. (Foto: Chairuddin)

BATAM, RADARSATU.COM – Penduduk Perumahan Fanindo, RT3 RW6 Batu Aji, Batam meminta agar jalan di perumahan mereka segera mendapatkan perbaikan.

Mereka mengeluhkan kondisi jalan di pemukiman yang sangat rusak dan belum mendapat perbaikan dari pihak berwenang.

Jalan yang rusak ini berada di blok X dan Y dari perumahan tersebut. Kerusakan dan lubang di jalan mengganggu mobilitas warga, terutama saat musim hujan.

Kondisi jalan yang berlumpur dan licin meningkatkan kekhawatiran warga mengenai keselamatan mereka saat melintas.

Yanti (55), salah satu penduduk setempat, mengatakan bahwa jalan pemukiman ini tidak pernah mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah. Sementara itu, gang lain di perumahan sudah mengalami semenisasi.

“Sudah puluhan tahun dari awal aspal perumahan Fanindo ini terbangun. Sampai sekarang belum ada perbaikan,” kata dia, Selasa 13 Agustus 2024.

Yanti mengaku telah menanyakan masalah jalan tersebut kepada perangkat RT, RW, dan camat setempat, tetapi tidak ada hasilnya.

“Sudah pernah diukur beberapa kali cuma tidak ada perbaikan sampai sekarang. Malah sabar. Sudah cukup sabar puluhan tahun bertahan dengan kondisi jalan seperti ini,” kata dia.

“Ini kalau hujan seperti sawah. Lumpur semua,” tambah dia.

Kadang-kadang, untuk mengurangi kerusakan, Yanti memperbaiki jalan secara mandiri dengan menutup lubang-lubang yang banyak terdapat di sepanjang jalan tersebut.

“Ya kadang kami tutup pakai batu biar tidak becek cuma sampai kapan. Gang yang lain aja sudah disemen semua,” kata dia.

Senada, seorang warga lain yang enggan menyebutkan namanya mengungkapkan bahwa kondisi jalan yang buruk ini sudah berlangsung selama beberapa tahun tanpa adanya perbaikan dari pihak terkait.

“Setiap kali hujan turun, jalan menjadi seperti kubangan lumpur. Kendaraan sering tergelincir, dan anak-anak sulit pergi ke sekolah dengan aman,” ungkapnya.

Menurutnya, sudah saatnya jalan pemukiman Fanindo menjadi perhatian media. Karena jika tidak, kondisi ini akan tetap sama puluhan tahun ke depan.

“Sekarang ini lagi musim panas. Kalau sudah hujan lebih parah. Kacaulah,” kata dia.

Camat Batu Aji, Faisal, mengaku telah berkoordinasi dengan perangkat RT, RW, dan lurah setempat agar jalan pemukiman tersebut dapat perbaikan.

Ia menjelaskan, pengajuan perbaikan jalan harus melalui RT dan RW agar bisa masuk ke dalam anggaran pemda.

“Coba tanya ke RT, RW-nya kalau sudah diajukan pasti ada pembangunannya,” kata dia.

Faisal menyatakan bahwa pihaknya sempat melakukan peninjauan di lokasi jalan tersebut dan mengakui bahwa kondisi jalan di dua blok tersebut sangat parah.

“Coba tanyakan ke lurah. Karena teknisnya kan dia,” jelas dia.

Exit mobile version