Indeks

Pemko Pekanbaru Siap Salurkan Anggaran Pilkada Serentak

Ilustrasi Pilkada. (Foto: Ist)

PEKANBARU, RADARSATU.COM – Pemerintah Kota Pekanbaru memastikan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 dicairkan awal bulan Juli ini. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Indra Pomi mengatakan sejauh ini dari total Rp76 miliar anggaran Pilkada Kota Pekanbaru tahun 2024, sebanyak 40 persen sudah dibayar Pemko pada tahun lalu. Sementara sisanya 60 persen akan dibayarkan tahun ini.

Anggaran tersebut diserahkan kepada penyelenggara Pilkada yakni KPU, Bawaslu, serta TNI dan Polri.

Indra menyebut, proses Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada penyelenggara Pilkada tersebut sudah selesai. Saat ini hanya tinggal pencairan dari Pemko Pekanbaru.

“Insya Allah awal Juli ini kita akan tunaikan (pencairan anggaran Pilkada),” tegas Indra, Selasa (2/7/2024).

Ia menyebut, anggaran Pilkada adalah hal utama yang harus ditunaikan. Termasuk juga dengan gaji yang juga menjadi tanggungjawab Pemko Pekanbaru.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan masing-masing daerah agar mencairkan anggaran Pilkada sebelum tanggal 9 Juli. 

Jika Pemda tidak menyalurkan anggaran tersebut kepada KPU, Bawaslu, TNI dan Polri, maka Kemendagri akan turunkan tim ke daerah.

Exit mobile version