56 Personel Polres Karimun Jalani Tes Psikologi

56 Personil Polres Karimun menjalani saat menjalani tes psikologi. (Dok.Humas Polres Karimun).

KARIMUN, RADARSATU.COM – 56 Personil Polres Karimun menjalani tes psikologi di lantai II Gedung Catur Prasetya, Rabu (22/5/2024).

Puluhan personil itu menjalani psikologi berupa mapping, PKP/E-mental dan tes psikologi bagi anggota pemegang senjata api (senpi) dinas maupun yang akan mengajukan pinjam pakai senjata api.

Kabag Sumda Polres Karimun, AKP S. Binsar Samosir mengatakan, tes psikologi yang dilakukan untuk mengetahui kecerdasan dan psikologi anggota kepolisian sehingga personel tersebut dinyatakan layak atau tidaknya memakai dan menggunakan senjata api dinas.

“Penggunaan senjata api dinas ini bukan untuk gagah-gagahan, namun digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan. Tes psikologi akan dilakukan rutin setiap enam bulan sekali,” katanya.

Kegiatan ini bekerja sama dengan bagian psikologi Biro SDM Polda Kepri, yang dipimpin oleh masing-masing sesuai bidang.

Untuk Mapping Psikologi dan tes Senpi Organik di pimpin Pembina Fransiska E.M, Pora, PKP/E-Mental dipimpin Briptu Glady Damanik dan Konseling Psikologi di pimpin Penata TK I Juliana Manik.

“Untuk teknis mereka dibagi 4, untuk konseling psikologi diikuti 8 personel, PKP/E-Mental 9, Mapping psikologi dan tes psikologi bagi anggota pemegang senjata api objek vital 8 personel, Mapping psikologi dan tes psikologi bagi calon anggota/pemegang senjata api sebanyak 27 personel,” jelasnya.

Binsar berharap, kegiatan tes psikologi ini mampu menjaga dalam penggunaan senjata yang dipinjamkan kepada masing-masing anggota.

“Dengan adanya tes psikologi ini diharapkan mampu mengawasi dan mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api yang dipinjamkan kepada anggota personel dan juga dapat mendukung tugas di lapangan,” tambahnya.

Penulis: RiandiEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *