Indeks

Ribuan Ulat Api Serang Tanaman Warga di Karimun

Sejumlah ulat api tampak merambat di batang pohon. (Foto: Riandi/Radarsatu).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Yani, warga RT 002 RW 001 Pelambung, Desa Pongkar Kecamatan Tebing temukan ribuan ulat api di sejumlah tanaman.

Ribuan ulat tersebut menyerang sejumlah tanaman seperti pohon kelapa, mangga dan pohon jambu.

Yani mengatakan, serangan wabah ulat api itu baru disadarinya ketika melihat daun-daun pohon kelapa yang berada di sekitar rumah mengalami kering dan rusak.

“Sadar itu setelah melihat pohon-pohon kelapa itu habis semuanya dimakan ulat. Saat di cek, ternyata banyak ulat api,” katanya, Selasa (21/5/2024).

Ulat itu diperkirakan sudah ada sekitar tiga bulan lalu, yang setiap harinya mengalami penambahan.

“Ulat-ulat itu mulai muncul pada bulan Maret lalu dan terus mengalami penambahan hingga jumlahnya semakin banyak,” ujarnya.

Yani menyebutkan, terkait wabah ulat ini Pemerintah Desa sudah pernah turun ke lokasi untuk melihat.Namun ia belum mengetahui langkah apa yang akan dilakukan untuk mengurangi populasi ulat-ulat tersebut.

“Katanya sudah pernah dilakukan pengasapan, tetapi hanya mengurangi saja, dan akhir-akhir ini populasinya semakin banyak,” sebutnya.

Ia berharap, serangan wabah ulat api ini segera dapat ditangani oleh Pemerintah Daerah, karena dikhawatirkan ulat-ulat ini akan terus bertambah dan merambat menyerang rumah warga.

“Ini kalau tidak disapu pasti masuk ke rumah. Kami harap ini segera bisa hilang, dan tidak menyebar lagi, karena takut kena anak-anak dan masuk ke dalam rumah,” tambahnya.

Penulis: RiandiEditor: Riandi
Exit mobile version