MTQ Tingkat Kabupaten Karimun Diundur, Ini Tanggalnya

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim saat mengunjungi stand bazar. (Foto: Riandi/Radarsatu).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Pelak Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2024 tingkat Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau diundur, pada tanggal 3 Maret 2024.

Hal tersebut disampaikan, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim belum lama ini usai membuka pagelaran MTQ ke- 1 Tingkat Kecamatan Selat Gelam beberapa waktu lalu.

Pengunduran itu dikarenakan sangat berdekatan dengan bulan Ramadhan, pelaksanaan MTQ ditunda hingga pertengahan April 2024.

“Semula menentukan tanggal 3 Maret 2034. Namun karena dekat dengan puasa, maka kita undur sekitar tanggal 15 April setelah lebaran,” kata Anwar.

Selain itu alasan penundaan juga dikarenakan Pemerintah Provinsi Kepri mengumumkan waktu terkini untuk pendaftaran MTQ tingkat provinsi.

“Kita mendapatkan informasi dari provinsi, untuk pendaftaran diundur smpai habis lebaran,” ujar Anwar.

Anwar menambahkan, pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten nanti juga sedikit berbeda dibandingkan sebelumnya, seperti tidak adanya pawai taaruf.

Untuk saat ini MTQ tingkat kecamatan di Kabupaten Karimun telah mulai dilaksanakan. Kecamatan yang sudah melaksanakan diantaranya Meral Barat dan Selatan Gelam.

Anwar Hasyim yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Karimun menyebutkan tujuan dari MTQ adalah untuk memberikan motivasi kepada generasi muda dalam mempelajari ilmu Al-Qur’an.

“Pemerintah telah mempersiapkan tempat-tempat pembelajaran ilmu Alquran, seperti LPTQ, MDA, pesantren dan rumah tahfiz,” tambahnya.

Kemudian MTQ dilaksanakan untuk mengajak masyarakat mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.*

Penulis: HaryonoEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *