Jaga Ketahanan Pangan, Roby Serahkan Bantuan Pertanian

Bantuan Pertanian Berupa Pupuk, Benih Sayuran Hingga Alat dan Mesin Pertanian di Serahkan Bupati Bintan, Roby Kurniawan. (Foto: Ham)

BINTAN, RADARSATU.com — Bantuan pertanian berupa pupuk, benih sayuran hingga alat dan mesin pertanian di serahkan Bupati Bintan, Roby Kurniawan  di Aula Bandar Seri Bentan, Kamis (28/12/2023).

Penyerahan bantuan pertanian ini dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian yang juga menjaga ketahanan pangan Daerah.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan Supriyono mengatakan, bantuan yang diberikan ditujukan sebagai upaya mendukung program pertanian.

Pada tahun 2023 sarana produksi pertanian melalui APBD baik murni maupun perubahan dan Dana Insentif Daerah (DID).

“Untuk itu, Pemerintah memberikan bantuan, 6 unit handtraktor untuk 6 Kelompok Tani (KT),  9 unit cultivator untuk 6 KT, 13 mesin air untuk 4 KT, 1 unit hydrotiller (bajak kura-kura) untuk 1 KT,  2 unit Kendaraan motor roda tiga (kaisar) untuk 2 KT, 910 Kg Pupuk KCL untuk 3 KT dan 895 Kg Pupuk TSP 3 KT,” kata Supriyono.

Baca Juga :  Pelaku Pengeroyokan di Hotel Satria Karimun Terancam Lima Tahun Penjara

Selanjutnya diberikan 1,8 ton Pupuk Urea untuk 3 KT, 25,9 ton Pupuk NPK untuk 29 KT, 9,1 ton Pupuk Organik untuk 13 KT, 11,6 ton Pupuk Kandang untuk 1 KT, 200 batang benih durian untuk 2 KT, 18 kg benih kangkung untuk 3 KT, 15 kg benih sawi diberikan 3 KT, 18 kg benih bayam 3 KT, 49 Ekor Sapi untuk 6 KT, 28 ekor kambing untuk 2 KT, 2.215 ekor ayam untuk 4 KT, 769 ekor itik untuk 3 KT, 6,393 kg pakan ternak untuk 7 KT serta 12,3 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

Baca Juga :  Tak Pakai Helm dan Knalpot Brong, 22 Pengendara Motor Diamankan Polisi

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan melalui bantuan yang diberikan diharapkan petani yang ada dapat meraih tingkat kesejahteraan, dimana diketahui sejauh ini Bintan juga merupakan wilayah penyumbang pasokan pangan, baik itu ke Kota Tanjungpinang, maupun Kota Batam.

“Manfaatkan dengan sebaik mungkin. Kita punya kekuatan dan peluang besar di sektor pertanian maupun pangan. Kami sangat percaya, para petani Bintan mampu mengembangkan hasil produksinya. Kami bangga dengan para petani hebat yang ada di Bintan” kata Roby.

Disampaikan juga suatu pencapaian yang luar biasa, karena saat ini angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan telah turun secara drastis ke angka 0,16 persen. Ini yang kemudian menghantarkan Bintan meraih penghargaan dari Wakil Presiden RI dan mendapatkan dana insentif dimana melalui dana tersebut akan digunakan untuk memberikan bantuan pada seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Usai Lantik Direktur RSBP, Rudi Berikan Semangat dan Motivasi Kepada Pegawai RSBP Batam

Disamping dukungan APBD, juga ada dukungan APBN dan ABT, diantaranya pengembangan kawasan cabai 20 ha kepada 8 KT, penyaluran benih padi untuk 2 KT, display varietas padi untuk 1 KT, 8 unit corn sheller serta Alsintan Pasca Panen kegiatan recofusing dan ABT Ditjen Tanaman Pangan 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.