600 Masyarakat Diberdayakan Kegiatan Padat Karya, Bersihkan Drainase dan Jalan

Sebanyak 600 masyarakat yang menjadi bagian dari kegiatan padat karya, untuk membersihkan saluran drainase dan lingkungan sempadan jalan, Senin (4/12) mulai bekerja. (Foto: Rob)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com – Sebanyak 600 masyarakat yang menjadi bagian dari kegiatan padat karya, untuk membersihkan saluran drainase dan lingkungan sempadan jalan, Senin (4/12) mulai bekerja. Delapan belas titik saluran drainase, di 18 kelurahan, hari ini mulai dibersihkan.

Pada hari pertama kegiatan padat karya dimulai, endapan lumpur, kayu, batu, sampah plastik, dan sampah rumah tangga lainnya terangkat dari saluran drainase. Lumpur bercampur sampah rumah tangga tersebut, terbukti menjadi salah satu penyebab terjadinya penyumbatan saluran drainase.

Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang Teguh Susanto mengatakan, kondisi geologis Tanjungpinang yang sebagian wilayahnya merupakan dataran rendah, rawa bakau, dan sebagian lainnya merupakan perbukitan, menyebabkan Tanjungpinang rentan terhadap bahaya banjir.

“Kerawanan dan ancaman banjir akan semakin parah jika saluran drainase tersumbat. Melalui program dan kegiatan padat karya yang dicetuskan oleh Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, saluran drainase dibersihkan. Tujuannya, agar aliran air di saluran pembuangan tidak tersumbat dan mengurangi resiko banjir,” ucap Teguh, Senin (4/12).

Berdasarkan kegiatan di hari pertama kegiatan padat karya itu, ditemukan fakta bahwa sedimen atau endapan lumpur bercampur sampah rumah tangga di banyak saluran drainase sudah hampir sedalam saluran drainase itu sendiri. Diperlukan ketekunan dan kebersamaan anggota kelompok swadaya masyarakat (KSM) untuk membersihkan endapan tersebut.

Selain ditujukan untuk membersihkan saluran drainase dari endapan lumpur bercampur sampah rumah tangga, lanjut Teguh, kegiatan padat karya itu juga ditujukan untuk membantu perekonomian anggota KSM.

Sebab Penjabat Wali Kota Tanjungpinang juga minta agar anggota KSM direkrut dari keluarga-keluarga pra Sejahtera. Hingga insentif atau honor sebesar Rp 110 ribu yang diterima oleh setiap anggota KSM, diharapkan mampu menambah daya beli masyarakat.

“Kegiatan dilaksanakan selama beberapa kali, berlanjut hingga akhir Desember 2023. Bisa saja Pak Hasan mengerahkan alat berat untuk membersihkan sampah drainase, tapi beliau ingin kegiatan itu juga memberi dampak ekonomi kepada masyarakat. Terutama yang berasal dari keluarga pra Sejahtera,” tambah Teguh.

Kegiatan padat karya yang digagas Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, tidak hanya bekerja pada upaya pembersihan saluran drainase. Pogram jambanisasi juga dilaksanakan dengan melibatkan anggota Masyarakat.

Jika dalam kegiatan pembersihan drainase melibatkan sebanyak 600 anggota KSM, kegiatan jambanisasi melibatkan sebanyak 160 anggota keluarga pra sejahtera. Kegiatan jambanisasi dilaksanakan di 12 kelurahan, dengan jumlah yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat yang tergabung dalam KSM pada dua kegiatan padat karya adalah masyarakat Tanjungpinang. Ada dampak ekonomi yang diharapkan muncul melalui kegiatan tersebut. Bapak penjabat wali kota, mengharapkan peran aktif masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Para camat dan lurah, juga dipesan untuk ikut mengawasi langsung pelaksanaan kegiatan tersebut,” jelasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *