176 Titik PJU-TS di Kabupaten Kota Dipasang Pemprov Riau

Ilustrasi : Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS). (Foto: Pat)

PEKANBARU, RADARSATU.com РPemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2013 ini memasang infrastruktur energi baru dan terbarukan  berupa Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang tersebar di 12 kabupaten kota se-Riau sebanyak 176 titik.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Evarefita melalui Kepala Bidang Ketenagalistrikan, Yudha Patria mengatakan, pembangunan PJU-TS tersebut dalam rangka mendukung peningkatan pembauran energi baru dan terbarukan di Provinsi Riau.

“Tahun ini kita ada melakukan pemasangan 176 titik PJU-TS di 12 kabupaten kota se-Riau. Lampu PJU-TS yang dipasang jenisnya all in one. Saat ini progres pemasangan sudah 70 persen, dan kita targetkan selesai diakhir tahun,” kata Yudha.

Lebih lanjut Yudha Patria menjelaskan, pemasangan PJU-TS tersebut di pasangan di daerah yang dianggap perlu diberi penerangan. Seperti daerah rawan kriminal, dan fasilitas sosial maupun fasilitas umum yang sering dilewati masyarakat namun tidak ada sumber penerangan.

“Jadi untuk pemasangan PJU-TS kita terlebih dahulu sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten kota dan Polres setempat. Hasil koordinasi itu, mereka menunjukkan titik-titik mana saja yang dinilai penting untuk pemasangan PJU-TS,”

Pihaknya berharap pemasangan PJU-TS ini memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat di kabupaten kota se-Riau. PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

“Karena itu, kami berharap PJU-TS yang sudah dipasang dapat dipelihara dan dirawat dengan baik agar pemanfaatannya dapat maksimal dalam waktu yang lama. Untuk itu, masyarakat tentunya harus bersedia menjaga dan memelihara infrastruktur tersebut,” pintanya.

Yudha menjelaskan pemasangan PJU-TS terbagi di lima wilayah. Untuk wilayah I meliputi Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu terdapat 37 titik. Wilayah II meliputi Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi ada 37 titik.

“Kemudian wilayah III meliputi Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kepulauan Meranti ada 37 titik. Wilayah IV meliputi Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis dan Kota Dumai ada 37 titik. Terakhir wilayah V Kota Pekanbaru ada 28 titik. Jadi total ada 179 titik PJU-TS,” tutupnya.¬†(Pat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *