Hasan Dorong Penggunaan Sistem Digitalisasi Pada Pelayaran

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan bersama PT. Pelindo Tanjungpinang melaksanakan rapat koordinasi bersama KSOP, Dinas Perhubungan dan direktur perusahaan pelayaran, rapat dilaksanakan di ruang rapat utama, Kantor Bappelitbang, Jumat (27/10). (Foto: Ran)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Dalam rangka peningkatan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan bersama PT. Pelindo Tanjungpinang melaksanakan rapat koordinasi bersama KSOP, Dinas Perhubungan dan direktur perusahaan pelayaran, rapat dilaksanakan di ruang rapat utama, Kantor Bappelitbang, Jumat (27/10).

Hasan dalam kesempatan itu membahas upaya-upaya dan inovasi demi meningkatkan kualitas dan pelayanan.

“Pelabuhan Sri Bintan Pura merupakan salah pintu keluar masuk masyarakat yang cukup ramai. Oleh karenanya dianggap perlu untuk dilakukan penataan demi memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa. Untuk itu, dengan kolaborasi ini kita lakukan upaya-upaya peningkatan baik sarana maupun prasarana pendukung,” ucapnya.

Hasan menilai, Kota Tanjungpinang yang merupakan ibu kota Provinsi Kepri harus terus meningkatkan pembangunan disegala bidang.

“Ditambah Kota Tanjungpinang berdekatan dengan negara tetangga dan menjadi pintu masuk wisatawan atau tamu luar negeri yang menggunakan angkutan laut, pelabuhan sudah selayaknya kita percantik dengan pembangunan dan dilengkapi tempat parkir yang memadai untuk menampung jumlah kendaraan yang masuk,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah daerah juga diamanatkan untuk melakukan upaya percepatan digitalisasi di daerah. Maka Hasan juga menyarankan untuk menggunakan atau pemanfaatan teknologi digitalisasi untuk mempermudah  dan transparansi.

“Kita dapat membuat aplikasi misalnya e-ticketing untuk penumpang. Selain mempermudah pengguna jasa untuk membeli tiket secara online, melalui inovasi ini sistem pendataan penumpang akan tercatat dan transparan. Hal ini akan menumbuhkan ekosistem bisnis yang baik dari industri pelayaran, yang menghendaki modernisasi dari sistem manual ke elektronik untuk menjawab tuntutan kemajuan zaman,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, Bobbi Wira Satria menambahkan, mendukung untuk diterapkannya sistem digitalisasi.

“Hal ini sesuai dengan strategi nasional pencegahan korupsi yang harus diimplementasikan oleh kementerian perhubungan dan pelindo sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Asisten Manajer Terminal Penumpang Pelindo, Raja Junjungan Nasution mengatakan bahwa pasca dibangunnya gedung baru terminal pada tahun 2017 sudah mulai bertransformasi pembayaran secara digitalisasi.

“Maka terkait penerapan e-ticketing kami akan siap mendukung,” sebutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *