Dapat Laporan Banjir dari Warga, Hasan Turun Tinjau Rumah Warga

Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan Saat Meninjau Rumah Warga yang Kebanjiran. (Foto: Ran)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, meninjau lokasi hujan deras, banjir hingga kedalam rumah di Perumahan Bukit Merpati Putih, Ganet, Selasa (24/10).

Hal ini dilakukan usai, mendapat laporan melalui kelurahan terkait banjir akibat hujan deras di salah satu perumahan warga.

Disampaikan oleh warga, banjir terjadi akibat dampak perluasan pembangunan di perumahan tersebut. Terlebih saat hujan deras, banjir masuk hingga ke dalam rumah warga yang mengakibatkan banyaknya barang rumah tangga yang rusak.

Menanggapi hal tersebut, Hasan mengatakan bahwa permasalahan ini harus segera ditindaklanjuti oleh pihak pengembang perumahan untuk langkah awal penanganannya.

“Untuk tahap awal, Pemerintah akan menjebatani dan mengkomunikasikan dengan pihak pengembang untuk dapat dilakukan penanganan atas dampak yang terjadi. Selanjutnya dilakukan langkah-langkah antisipasi agar hal serupa tidak terjadi lagi, minimal diminimalisir sebab sekarang ini sudah memasuki musim hujan,” ungkapnya.

Hasan juga menyarankan untuk melakukan koordinasi untuk penanganan serta pembenahan pembangunan di perumahan Bukit Merpati Putih bersama tim teknis.

“Tujuannya agar dapat segera dibenahi sebaik mungkin dengan memikirkan dampak lingkungan yang ada disekitar ini, yang bilamana terjadi hujan deras tidak terjadi hal serupa. Maka tim teknis dari dinas pekerjaan umum akan ikut mendampingi untuk pekerjaan yang dilakukan oleh pihak pengembang,” sebut Hasan.

Hasan berharap terkait sarana dan prasarana perumahan dapat segera terselesaikan oleh pihak pengembang.

“Pemko Tanjungpinang akan turut mengawasi, dan akan membantu sesuai dengan aturan. Mudah-mudahan dengan komunikasi yang terjalin, pihak pengembang dapat dan segera mengakomodir kebutuhan warga disini,” pungkasnya.

Kepada warga yang terdampak banjir, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Sosial dan BPBD memberikan bantuan berupa nasi bungkus, terpal, selimut, perlengkapan harian, bahan makanan cepat saji, selimut, serta baju layak pakai.
Sebelumnya, warga perumahan Bukit Merpati Putih telah membuat surat pernyataan berupa berita acara yang berisi permintaan kepada pihak pengembang perumahan agar dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat, diantaranya menyediakan air bersih bagi 15 KK yang terdampak banjir karena sumur masing-masing rumah sudah tercemar akibat banjir yang membawa tanah merah. Masyarakat juga meminta kepada pengembang untuk dapat mengganti alat-alat elektronik yang rusak, serta meminta untuk menyelesaikan persoalan PSU seperti penerangan jalan, semenisasi, ketersediaan air bersih, termasuk fasilitas umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *