Gubernur Ansar Akui Visa on Arrival PR yang Terus Digesa

BINTAN, RADARSATU.com — Meski Bintan Triathlon yang sukses kembali digelar setelah vakum selama 3 tahun yang diikuti lebih dari 500 peserta dari 35 negara. Namun, masih menyisakan catatan tersendiri bagi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad.

Dirinya mengaku masih ada satu ‘PR’ yang harus selalu digesa, yakni kebijakan Visa on Arrival (VoA). Hal tersebut disampaikan Gubernur Ansar pada konferensi pers usai flag off Bintan Triathlon 2023 di Lagoi Bay, Bintan, Sabtu (21/10).

Menurut Gubernur Ansar, pasca pandemi, jika ingin Kepri kembali menjadi primadona pariwisata di Indonesia, kebijakan Visa on Arrival di Kepri mesti segera diputuskan.

“PR kita, kita harus terus mendorong pemerintah pusat supaya Visa on Arrival (VoA) itu kalau bisa ditiadakan, kalau tidak memungkinkan pun kita minta keringanan supaya diberlakukan short visa” ujarnya.

Gubernur Ansar mengatakan, jika tidak memungkinkan VoA untuk dinihilkan, short visit visa dengan biaya lebih rendah bisa menjadi opsi untuk menambah ketertarikan wisatawan asing mengunjungi Kepri.

“Apalagi untuk event singkat seperti triathlon ini, penting sekali short visit untuk turis kita karena tidak bisa menggeneralisir turis kita yang saat ini rata-rata 3,5 sampai 4 hari length of stay nya” ucap Gubernur Ansar.

Hal tersebut diamini Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo. Menurutnya, fakta bahwa Bintan ini adalah daerah pertama yang dibuka aksesnya untuk pariwisata pasca pandemi covid 19 tidak boleh dilupakan. Setelah dibuka, maka event-event inilah yang menjadi pemicu hadirnya wisatawan asing.

“Mudah-mudahan upaya kita bersama terus melobi kepada Dirjen Imigrasi dan Pemerintah Pusat dapat didengar dan kebijakan VoA segera diberlakukan” harapnya.

Sementara itu GM PT. BRC Abdul Wahab selaku penyelenggara acara bersama Trifactor Singapore Mengakui event saat ini jumlah pesertanya kurang dari penyelenggaraan sebelum covid19, salah satu penyebab terbesarnya adalah persoalan visa on arrival.

“Kami berharap dengan sangat dengan adanya visa on arrival secara singkat, yang tadinya 50 dollar, menjadi misalnya 10 dollar ini akan lebih memungkinkan ramai peminat yang akan datang untuk berpartisipasi dalam event-event di Bintan” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *