TMMD ke-117 Kodim 0317/TBK Resmi Ditutup

Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Budianto Damanik dan Sekda Karimun, M. Firmansyah menandatangani berita acara penyelesaian TMMD ke-117 tahun 2023 di Kecamatan Buru. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0317/TBK resmi ditutup, di Lapangan Ikatan Pemuda Buru (IPB) Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Kamis (10/8/2023).

Penutupan itu dilakukan dengan acara upacara, yang dihadiri langsung oleh Kasrem 033/WP, Kolonel Inf. Tagor Rio Pasaribu, yang juga menjadi Inspektur Upacara.

Dalm penutupan tersebut turut dihadiri Sekda Kabupaten Karimun, M. Firmansyah, Dandim 0317/TBK yang merupakan Dansatgas TMMD ke-117 tahun 2023.

Kemudian dihadiri Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Sentosa, Kapolres Karimun, AKBP Ryky W Muharam, Kajari Karimun, Firdaus, Ka. Bakamla Karimun, Mayor Bakamla Handy dan Camat Buru, Muhd. Rahendra.

Penutupan itu dilakukan karena telah usainya segala pengerjaan fisik maupun non-fisik yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD ke-117.

Adapun sasaran fisik yang dikerjakan dalam TMMD ke-117 berupa pembukaan dan penimbunan jalan baru sepanjang 3.569 meter dengan lebar delapan meter.

Kemudian pembangunan tiga unit box culvert dan lima unit gorong-gorong berukuran panjang satu meter dan lebar delapan meter.

Lalu perbaikan dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak empat unit. Dimana dua unit di Kelurahan Lubuk Puding dan dua lainnya di Kelurahan Buru.

Sedangkan untuk sasaran non fisik yang dilakukan berupa, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan bahaya terorisme dan bahaya paham radikal.

Lalu penyuluhan pendidikan, penyuluhan keagamaan, penyuluhan kesehatan dan stunting, penyuluhan pertanian peternakan, penyuluhan vea cukai, penyuluhan mitigasi bencana dan karhutla sudah terlaksana.

Adapun personil yang terlibat dalam TMMD ke-117 adalah 89 personel TNI AD, TNI AL lima orang, TNI AU lima orang, Polri 35 orang dan masyarakat sebanyak 40 orang.

Sedangkan alat yang digunakan berupa dua unit excavator, dua unit buldozer, empat unit truck colt diesel, dua unit molen, 10 buah cangkul, 8 gerobak sorong, 10 Buah skop, 10  buah pongkis, tiga buah martil lima kilogram dan dua set alat tukang.

Sehingga masyarakat Pulau Buru, Kabupaten Karimun dapat menikmati jalan baru sepanjang 3,5 kilometer dan bisa mempersingkat jarak dan waktu untuk mengangkut hasil pertanian mereka.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0317/TBK, Letkol Inf Budianto Damanik kepada Kasrem 033/WP, Letkol Inf Tagor Rio Pasaribu dan Pemerintah Kabupaten Karimun, dalam upacara penutupan tersebut.

Sementara itu, Kasrem 033/WP, Kolonel Inf. Tagor Rio Pasaribu program TMMD ke-117 di Pulau Buru dapat terus berlanjut.

“Ini merupakan program yang baik dan kita harapkan terus berlanjut. Mungkin ke depan lebih ditingkatkan dan dampaknya lebih bermanfaat bagi masyarakat,” kata Tagor.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, M. Firmansyah menyampaikan sasaran dari Program TMMD sangat dibutuhkan oleh masyarakat Pulau Buru.

“Karena sebelum dilaksanakan, TNI terlebih dahulu melakukan survey apa kebutuhan masyarakat, dan sasrannya membuka jalan,” katanya.

Firmansyah menyebutkan, pembangunan jalan baru yang telah dibuka akan terus dilakukan

“Alhamdulillah Pemkab Karimun mengucapkan terima kasih ke TNI. Ke depannya pembangunan akan berkelanjutan. Ini setelah dibuka maka kita melicinkan lagi. Bisa disemenisasi atau diaspal,” ujarnya.

Penulis: RndEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *