Wabup H. Bagus Santoso Lepas Peserta Pawai Takbir 1444 H

Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso saat memberikan sambutan.

BENGKALIS |Radarsatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menggelar pawai takbir hari ini 3 tahun lamanya tidak menggelar takbir 1 Syawal hari Raya Idul Fitri sebagai salah satu tradisi di Kabupaten Bengkalis, kini kemeriahan itu kembali terasa, Jum’at (21/4/2023) malam.

Pelepasan ditandai dengan lantunan takbir diiringi dengan pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, Plt. Sekda dr. Ersan Saputra TH, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri H. Zainuddin Yusuf dan Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H. Amrizal.

“Mari kita rayakan hari kemenangan ini dengan merefleksikan serta mentransformasikan seluruh nilai-nilai yang terkandung selama Ramadhan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan menyatukan hati, jiwa, pikiran serta tindakan kita untuk terus tumbuh dan tangguh dengan memperkuat silaturrahmi dalam membangun Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,”ujar Bagus Santoso kala membacakan sambutan Bupati Kasmarni.

Melalui momentum pawai takbir ini, Bagus Santoso menyebutkan dapat memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta dan masyarakat Kabupaten Bengkalis dalam menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1444 H.

“Semoga dengan warna-warni dan keberagaman kekayaan khasanah budaya serta miniatur yang ditampilkan dalam pawai takbir ini, dapat menjadi jalan untuk kita senantiasa memupuk semangat persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera,” ucap Bagus Santoso.

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan Ahmad Yani, depan Lapangan Tugu Bengkalis ini merupakan sarana syiar yang diikuti berbagai elemen masyarakat muslim di Bengkalis. Seperti muda, anak-anak dan orang tua lelaki maupun perempuan, utusan dari masjid dan mushola dari berbagai Desa/Kelurahan yang mengikuti.

Pawai takbir keliling ini pun melewati sejumlah jalan di Kota Bengkalis, seperti Jalan Sudirman, kemudian ke arah Jalan Hos Cokroaminoto dan Jalan Hangtuah. Melintasi Jalan Patimura dan kembali mengakhiri pawai takbir yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini di Jalan Ahmad Yani.

Sebanyak 20 Rumah Ibadah masing-masing terdiri dari 12 masjid dan 8 mushalla yang antusias mengikuti pelaksanaan pawai takbir hari raya Idul Fitri di Bengkalis dengan melewati rute Jalan Jendral Sudirman, Hos Cokro Aminoto, Hang Tuah, Patimura dan Berakhir dititik awal kumpul Di Depan Lapangan Tugu Jl. A. Yani Bengkalis.

Gema takbir dimana-mana, sebagai tanda masyarakat Bengkalis merayakan hari kemenagan, kembali kefitri (suci). Karena telah sebulan menjalankan ibadah puasa dan mengerjakan amal kebajikan selama di bulan Ramadhan yang mulia ini. (Inf) / RN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *