Perkuat Sinergi Mengembangkan Potensi Laut Bersama DJBC

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad melakukan pertemuan dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakannwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau, Akhmad Rofiq. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Gubernur Kepulauan Riau,vAnsar Ahmad bertemu Kepala Kantor Wilayah (Kakannwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau, Akhmad Rofiq, Rabu (12/10/2022).

Mereka berdiskusi terkait potensi laut Kepri. Serta hal-hal lain yang terjadi di Perairan Kepri.

Ansar Ahmad mengatakan, melihat kondisi letak geografis Provinsi Kepri hampir berbatasan dengan seluruh negara ASEAN berpotensi terjadinya penyelundupan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Kepri sangat beresiko terjadinya penyelundupan barang di laut Kepri, untuk itu kita berharap bersama melalui DJBC Khusus Kepri ini dapat meminimalisir terjadinya tindak penyelundupan tersebut,” kata Ansar di Ruang kerja Kakanwil DJBC Kepri.

Baca Juga :  BP Batam Kunjungi JETRO, Gaet Investor Jepang

Tak hanya berdiskusi terkait potensi laut Kepri, Gubernur Provinsi Kepri juga membahas pemanfaatan potensi laut Kepri.

Pusat Logistik Berikat (PLB) dapat menjadi salah satu pilihan untuk memanfaatkan peluang dari potensi strategis Kepri.

“Kondisi strategis Kepri yang langsung berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura harus benar-benar dapat kita manfaatkan dengan baik. Untuk itu, keberadaan PLB sangat penting dalam menangkap peluang tersebut,” tegas Ansar.

Ia mengapresiasi penerapan SPBE yang dilaksanakan Kanwil DJBC Khusus Kepri yang dinilai sangat baik dalam upaya pencegahan terjadinya korupsi.

Baca Juga :  Dua Pasien Covid-19 di Batam Sembuh

“Kondisi dan lingkungan di dalam kantor sangat baik, bahkan sudah menerapkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Semua telah dilakukan secara terkomputerisasi dengan baik dan lengkap seperti di luar negeri,sehingga dengan sistem ini mampu mencegah terjadinya korupsi.

Akhmad Rofiq menyampaikan bahwa, saat ini DJBC Provinsi Kepri terus melakukan pengawasan dan berpatroli di laut perbatasan guna melakukan pencegahan terhadap adanya penyelundupan ke Kepri.

“Memang benar, terkait situasi dan kondisi laut Kepri seperti itu, untuk itu kami akan terus berupaya melakukan pencegahan terhadap penyelundupan ini, khusus bersama dengan instansi pemerintah lainnya dalam mencegah terjadinya penyelundupan di laut,” tutur Akhmad.

Baca Juga :  Bea Cukai Segel Puluhan Ton Besi Scrab di Karimun

Tak hanya itu, Akhmad menambahkan bahwa Kanwil DJBC Khusus Kepri siap mendukung dan mengikuti instruksi Gubernur Ansar, terkait perencanaan pembangunan PLB di Provinsi Kepri.

“Pembangunan PLB di Provinsi Kepri memang sangat bermanfaat bagi pendapatan daerah. Intinya, kami siap mendukung dan mengikuti arahan pak Gubernur terkait bagaimana dan apa saja dalam pembangunan tersebut nantinya,” gagas Akhmad.

Usai kegiatan diskusi tersebut, Akhmad mengajak Gubernur Ansar untuk mengelilingi dan meninjau langsung bagaimana sarana dan prasarana yang dimiliki perkantoran DJBC Khusus Kepri.

Penulis: RndEditor: Liza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.