Maskapai Super Air Jet Resmi Lakukan Penerbangan di Hang Nadim

BATAM,RADARSATU.COM – Maskapai Super Air Jet berjenis Airbus 320-200 resmi beroperasi dan menjadikan Bandara Hang Nadim Batam sebagai salah satu rute penerbangan komersilnya.

Maskapai yang tergabung dalam Lion Group tersebut melakukan penerbangan pertama dan pendaratan perdana di Bandara Hang Nadim, Jumat (6/8/2021) sore.

Para awak pesawat Super Jet didampingi jajaran manajemen disambut langsung oleh General Manager BUBU Hang Nadim, Benny Syahroni dan jajaran di Ruang Tunggu A6 Bandara Hang Nadim.

Captain Ariaga Cakrawala, pilot Super Air Jet, mengatakan, rute perdana Super Air Jet adalah Cengkareng-Batam pada pukul 12.50 WIB dan Batam-Cengkareng pukul 15.30 WIB.

“Kami sangat bangga memperkenalkan rute favorit di rute super populer karya anak bangsa ini. Penerbangan perdana ini juga kami lakukan dalam rangka momentum semarak 76 tahun kemerdekaan RI,” ujar Ariaga.

Maskapai penerbangan kelas ekonomi tersebut, dikatakan Ariaga, menargetkan para milenial Indonesia sebagai segmentasi pasarnya.

“Selain itu, Super Air Jet juga tengah mempersiapkan penerbangan perdana dengan rute-rute domestik yang dinilai sangat potensial, memiliki daya tarik daerah dengan penerbangan kategori milenial,” kata Capt. Ariaga.

General Manager BUBU Hang Nadim, Benny Syahroni, mengatakan, Badan Pengusahaan Batam, khususnya Bandar Udara Hang Nadim Batam, menyambut baik penerbangan perdana maskapai Super Air Jet.

Ia berharap kehadiran maskapai tersebut mampu memberikan suasana baru bagi masyarakat Kota Batam.

Saat ini untuk jumlah maskapai dan penumpang di Bandar Udara Hang Nadim Batam, dikatakan Benny, sedang mengalami penurunan selama masa PPKM berlangsung.

Hingga semester I 2021, tercatat sebanyak 5.594 pesawat datang dan 5.592 pesawat yang berangkat, serta 352 penerbangan lokal.

“Total pesawat di sepanjang Semester I 2021 adalah 11.538 pesawat. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar -9,82 persen jika dibandingkan pada 2020, di mana total pesawat pada tahun 2020 adalah 12.794 pesawat,” ujar Benny.

Adapun jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 555.166 dan penumpang yang datang tercatat sebanyak 557.167 penumpang, serta sebanyak 90.199 penumpang yang transit di Bandara Hang Nadim.

Akumulasi penumpang di Bandara Hang Nadim sepanjang Januari s.d. Juni 2021 adalah 1,2 juta penumpang atau mengalami penurunan -9,96 persen.

“Tentunya kami berharap pandemi ini cepat berlalu dan penerbangan kembali lancar,” tutup Benny. (hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *