Melalui Idul Adha, Lanal TBK Ajak Jaga Kesetabilan Ekonomi Ditengah Pandemi

KARIMUN, RADARSATU.COM – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun melaksanakan pemotongan hewan kurban hari raya Idul Adha 1442 H/2021 M yang digelar di Mushola Al Fatih Komplek TNI AL Bukit Senang, Selasa (20/7/2021).

Tahun ini, Lanal TBK menyembelih 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang disaksikan langsung oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Puji Basuki, M.Tr Hanla, Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcap IV DJA I Ny. Diyah Puji Bsuki, Pasintel Kpt. Laut (E) M. Amir Mahmud, S.S.T Han, Perwira Staf Lanal TBK, anggota beserta keluarga Besar Lanal TBK.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Puji Basuki, M.Tr Hanla mengatakan, untuk hasil daging hewan kurban yang telah dicincang nantinya akan dibagikan kepada warga Komplek TNI AL R.E Martadinata Lanal TBK dan warga sekitar.

“Jumlah daging hasil kurban sebanyak 350 plastik, per plastiknya masing-masing seberat 1 kg. Untuk pendistribusian daging kurban Lanal TBK ini diberikan kepada warga Komplek TNI AL R.E Martadinata Lanal TBK dan warga sekitar,” katanya.

Menurut Puji Basuki, Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.

Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang disebut pakaian ihram, melambangkan persamaan aqidah dan pandangan hidup yang mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan.

Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah yang maha perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Puji Basuki juga menuturkan, disamping Idul Adha ini dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Kurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan kurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

“Kali ini saya sebagai Komandan Lanal TBK berusaha mengajak diri saya pribadi dan seluruh personel Lanal TBK untuk belajar dan mengerti serta melakukan hal-hal yang bernilai sosial positif ditengah pandemi COVID-19 ini tanpa harus melupakan protokol kesehatan 5 M,” jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut tidak diwajibkan digelar, namun sebisa mungkin kegiatan-kegiatan yang bernilai positif ini dilaksanakan demi terciptanya situasi yang aman di wilayah kerja Lanal TBK.

“Melalui kurban ini paling tidak kita semua belajar berkorban demi sesama untuk ikut serta andil membantu menjaga kesetabilan ekonomi masyarakat meskipun dari hal yang sangat kecil,” ujarnya.

Penulis : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *