Kadis Kominfo Anambas Turun Langsung Dampingi Tim Survey Pembangunan Kabel FO

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Kepala Dinas Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas, Jefrizal turun langsung mendampingi tim survei pembangunan kabel fiber optik bawah laut di dua Kecamatan di antaranya Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Palmatak.

Jefrizal mengatakan, tim survei yang terdiri dari 7 orang itu merupakan konsultan dari telkom pusat beserta kepala kantel telkom Tarempa bersama Diskominfotik Anambas yang bertugas meninjau titik-titik koordinat pembangunan kabel fiber optik dan melaporkan hasil tinjauan ke Telkom.

” Benar, Tim survei dari Telkom dan konsultan saat ini sudah turun di Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Palmatak dan saya sendiri yang ikut mendampingi tim ke lapangan,” katanya, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga :  Open Tournament Futsal KMG Cup Resmi Dibuka

Selain survei titik pembangunan kabel fiber optik, tim survei juga meninjau dua titik lokasi penambahan tower BTS reguler yang akan di bangun oleh Telkomsel di Desa Teluk Sunting yang sinyalnya akan menjangkau Desa Teluk Siantan, Dusun Muntai dan sebagian Desa Langir, sedangkan titik lokasi kedua akan di bangun di Desa Ladan.

Sebelumnya pada awal tahun ini, Telkomsel telah mengoperasikan BTS sinyal 4G yang baru dibangun di Kecamatan Siantan Utara dan di Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur.

Baca Juga :  Kursi Wawako Kosong, Pansus Gesa Pembahasan Draft Tatib Pemilihan

Jefrizal menuturkan, pembangunan kabel fiber optik bawah laut ini masih harus menyelesaikan beberapa tahapan seperti perizinan, pemesanan kabel, pegelaran kabel dan tahapan lainnya.

Ia menuturkan, pembangunan kabel fiber optik itu akan mengatasi kesenjangan digital yang selama ini terjadi di Kabupaten Anambas.

Ia menambahkan, pembangunan kabel fiber optik itu merupakan hasil lobi yang dilakukan oleh Bupati Anambas dengan Kementerian Kominfo Indonesia.

” Dari hasil loby kepala daerah membuahkan hasil, dengan mendapatkan oleh Kementrian kominfo dalam program USO tower bts perbatasan sebanyak 12 titik lokasi yg tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas diantaranya 5 lokasi berada di pulau jemaja dan 7 lokasi tersebar di kecamatan Siantan Selatan, Siantan Timur, Siantan Utara, Siantan Tengah dimana pelaksanaan tsb akan dibangun tahun 2021,” tambahnya.

Baca Juga :  Disperindag Kota Tanjungpinang: Masyarakat Mendapat Bantuan Pemerintah, Harga Sembako Turun

Saat ini, Kominfotik Anambas masih menunggu tim survei BAKTI Kominfo untuk memastikan titik lokasi yang sudah diusulkan untuk dibahas.

(Hrs)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.