Kabasarnas Luncurkan 6 Kapal Cepat di Batam

BATAM,RADARSATU.COM – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meluncurkan enam unit kapal SAR kelas II tipe cepat berteknologi canggih di Tanjung Ucang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (12/4).

Keenam kapal tersebut antara lain KN SAR Seta, KN SAR Sanjaya, KN. SAR Tetuka, KN. SAR Permadi, KN. SAR Puntadewa, dan KN. SAR Parikesit.

“Mudah-mudahan dengan peluncuran kapal-kapal ini, mampu memberikan kontribusi nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan sebagaimana peruntukannya,” kata Kabasarnas Henri Alfiandi.

Henri menyebut alat utama SAR baru ini memiliki spesifikasi panjang 40 meter lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Kapal berbahan alumunium itu, kata dia, memiliki tiga mesin 1400hp dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1200 Nm dengan kecepatan 20 knot.

“Keenam kapal ini memiliki kemampuan auto pilot serta dilengakapi dengan echo sounder, ECDIS, sea rider berkapasitas enam orang, dan alat komunkasi,” jelas Henri.

Lebih lanjut, dia menyebutkan khusus KN. SAR Seta yang diluncurkan di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati, rencananya akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan, Kalimantan Utara.

Sedangkan KN. SAR Sanjaya yang diluncurkan di galangan PT. Palindo Marine, rencananya akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, Sumatera Utara.

(Mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *