Polda Riau Musnahkan Puluhan Kilogram Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi

KUANSING, RADARSATU.COM – Polda Riau melakukan pemusnahan 80,24 kilogram narkotika jenis sabu-sabu dan 68.636 pil ekstasi, yang dilakukan di halaman parkir Mapolda Riau, Rabu (13/3/2021).

Dalam pemusnahan narkotika tersebut turut disaksikan oleh Danlanal Dumai, Kolonel (P) Himawan, Kepala Bea dan Cukai Roni, Kabid Berantas BNNP Riau, Kombes Berliando, Dir Resnarkoba Polda Riau, Kombes Victor, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Narto dan Kejaksaan Negeri Provinsi Riau.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil sinergitas yang telah dibangun bersama instansi terkait yakni, Lanal Dumai, Bea dan Cukai dan BNNP Kota Pekanbaru.

“Tidak ada tempat untuk bersembunyi bagi para pelaku narkoba di Riau ini. Polda Riau melakukan pemberantasan narkoba ini dengan strategi yang jitu dan smart. Sinergitas dengan berbagai instansi, seperti TNI-AL dari Lanal Dumai, BNNP Kota Pekanbaru dan Bea Cukai menjadi hal penting dalam pemberantasan narkoba ini,” jelasnya.

Menurut Irjen Pol Agung, jika satu lubang ditutup, maka para pengedar narkoba akan buat lubang lain. Namun jika satu kader tertangkap maka dia akan merekrut kader baru untuk pengedar narkoba selanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol Agung juga mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Dumai, Bea cukai Riau, BNNP Riau dan pihak lainnya bersama Polda Riau ikut bersinergi memberantas narkoba.

“Dengan adanya sinergitas ini optimis akan memenangkan perang melawan gembong narkoba. Kita paham bahwa hal Ini tidak mudah, namun dengan sinergitas yang tepat saya sangat optimis dan mampu mengeksekusi dengan tepat.

“Para bandar dan para pengedar narkoba selalu berusaha untuk lepas dari upaya hukum, namun Polda Riau dan Polres jajaran juga tau cara yang tepat untuk melumpuhkan mereka,” ujarnya.

Irjen Pol Agung menambahkan, bahwa para pelaku narkoba yang terjerat hukum dengan cepat dan singkat, mereka sudah mendapatkan pengacara yang artinya mereka melawan dengan menyiapkan cara-cara legal yang diakui oleh negara.

“Polda Riau juga akan antisipasi agar tidak ada kelemahan dalam penyidikan dan penegakan hukum agar tidak ada celah yang dimanfaatkan kubu pengedar narkoba sehingga bisa bebas demi hukum. Semangat untuk pemberantasan narkoba akan selalu kita gelorakan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal Dumai, Kolonel (P) Himawan mengatakan, sebagai bentuk kepedulian, TNI AL siap dan hadir ikut berperan serta dalam pemberantasan narkoba.

“Ini adalah bentuk komitmen Lanal Dumai dengan Polda Riau. Beberapa waktu lalu Kapolri datang ke Mabesal juga banyak berbicara soal sinergitas. Untuk itulah TNI-AL, khususnya Lanal Dumai ingin ikut mengurangi peredaran narkoba, bahkan TNI AL memiliki target untuk mampu menekan angka peredaran narkoba lebih maksimal lagi.

“Dalam prakteknya, kami dari angkatan laut bisa bekerja sendiri, namun juga bisa menjalin sinergitas dan kerjasama dengan cara share informasi. Misalnya karena cuaca buruk tidak bisa melaut. Maka saat target pelaku narkoba sampai di darat, TNI AL sudah tidak lagi berwenang. Dengan seperti itu kami akan share info ke Polda Riau . Dan akhirnya di tangkap oleh Polda Riau,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor wilayah Bea Cukai Riau, Ronny Rosfyandi menambahkan, Bea dan Cukai ikut hadir bersama-sama untuk ikut mencoba menahan laju masuknya narkoba ke Indonesia.

“Kami berharap agar kedepan kerjasama dan sinergitas ini lebih efektif,” tambahnya.

Penulis : Sartika Isniwati
Editor : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *