Kepri Berencana Sulap Kayu Kaliandra Jadi Biomassa Pembangkit Listrik

TANJUNGPINANG- – Pemerintah Provinsi KepulauanRiau (Kepri) berencana akan mengelola dan membudidayakan kayu kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik.

“Saya baru tahu, kalau kayu kaliandra bisa menjadi salah satu alternatif biomassa pembangkit listrik,” ujar Plt Gubernur Kepri, Isdianto.

Dikatakan Isdianto, General Manager PLN Riau-Kepri, Irwansyah baru-baru ini mengemukakan penggunaan kayu kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik sudah diterapkan di Kabupaten Karimun. Salah satu daerah di Kepri.

Pemprov Kepri, kata dia, akan terus mendukung jika nantinya penggunaan kayu kaliandra ini dapat dikembangkan di seluruh kabupaten/kota se Kepri.

“Selain bernilai ekonomis, kami juga berwacana mengembangkan kayu kaliandra sebagai salah satu komoditas pertanian jika memang menjanjikan,” imbuhnya.

Maka itu, lanjut Isdianto, hingga saat ini pihaknya sedang berupaya untuk mengkaji lebih lanjut terkait pengelolaan kayu kaliandra ini.

“Jika bahan bakar listrik seperti batu bara langka dan akan habis, kita berharap kayu kaliandra menjadi alternatif penggantinya,” tutur Isdianto.

Mengutip listrikerakyatan.id, tanaman kaliandra merupakan tanaman multiguna yang mudah tumbuh pada berbagai jenis tanah serta toleran terhadap pemangkasan, dengan banyaknya tunas-tunas samping menjadikan terubusan kaliandra makin cepat memberikan penutupan lahan yang makin efektif.

Wood pellet (kayu kaliandra merah) cocok digunakan sebagai bahan bakar kebutuhan rumah tangga, pertanian, dan industri besar, bahkan juga bisa untuk industri pembangkit tenaga. Dengan kandungan panasnya mencapai 4.880 kilo kalori produk ini mampu menggantikan batubara.

Kayu kaliandra merah merupakan salah satu bahan sangat berpotensi dalam produksi wood pellet. Kayu kaliandra merah memiliki rata-rata BJ 0,67 dan kandungan tanin yang cukup tinggi sekitar 8 % dan mampu menghasilkan kalor mencapai 7200kkal/kg.

dengan adanya kayu kaliandra merah ini yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik biomassa pemerintah dapat mengurangi penggunaan batu bara dan dampak mengurangi efek rumah kaca. dan juga kayu kaliandra merah juga bisa dipakai untuk sistem.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *