Bakesbangpol Kepri Sukses Menggelar Doa Bersama Pilkada Damai dan Hari Jadi ke 22 Provinsi Kepri 

Bakesbangpol Pemprov Kepri menggelar kegiatan Do'a Bersama Pilkada Damai dan Hari Jadi ke 22 Provinsi Kepri bertempat di Aula Wan Seri Beni, Komplek Kantor Gubernur Kepri, Kota Tanjungpinang, pada Kamis (19/09) petang. (Foto2: Okta)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemprov Kepri, menggelar kegiatan Do’a Bersama Pilkada Damai dan Hari Jadi ke 22 Provinsi Kepri. Kegiatan itu digelar di Aula Wan Seri Beni, Komplek Kantor Gubernur Kepri, Kota Tanjungpinang, pada Kamis (19/09) petang.

Sebelum dimulainya kegiatan atau pra acara, para tamu dan undangan yang terdiri Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Partai Politik, Para Kepala OPD, serta seluruh organisasi mitra dan binaan Kesbangpol Kepri.

Disuguhkan penayangan video pemilu dari masa ke masa. Selanjutnya setelah kegiatan dibuka oleh MC, dilanjutkan pembacaan Do’a Bersama dipimpin oleh H.Raja Al Hafis Sekretaris LAM Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, SE, MM menyampaikannya, bahwa eskalasi Pilkada disetiap daerah berbeda beda karena adanya perbedaaan pilihan masyarakat, meski begitu dirinya selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah berharap, pelaksanaan Pilkada serentak berjalan aman, damai dan bermartabat.

“Kami berharap, kita semua mewujudkan pilkada serentak yang aman, damai, bermartabat, mari bersama agar menjadi contoh bagi daerah lainnya,” himbau Gubernur Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Pemdes Impol dana Masyarakat Laksanakan Tradisi Malam 10 Suro

Dalam sambutannya Ansar juga mengajak, elemen masyarakat yang hadir dalam kegiatan itu agar menahan diri dari memunculkan isu sara dan politik identitas yang dapat merugikan pihak tertentu.

“Tingkatkan partisipasi pemilih, jaga Kamtibmas, Kepri rumah adalah rumah berbagai suku agama dan budaya,” tegasnya.

Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Soesilo Prabowoadi, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kepri yang menginisiasi kegiatan dengan mengumpulkan seluruh elemen masyarakat dalam rangka bersama sama berkomitmen pilkada 2024.

“68 hari lagi kita akan menuju puncak hari H Pilkada 27 November,” ungkap Indrawan.

Indrawan dalam sambutannya, mengajak masyarakat menjadikan Pilkada 2024 paling aman damai kondusif dan paling sukses dilihat dari angka partisipasi masyarakat,

“Ini paling penting masyarakat aktif salurkan hak pilih jadilah pemilih yang cerdas dan hati nurani Bapak/ Ibu semua,” tegasnya.

Hadir dalam doa Pilkada damai tersebut Gubernur Kepri, Panglima Kogabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi, Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Kajati Kepri, Teguh Subroto, S.H., M.H, Danrem 033/ WP Brigjen Jimmy Watuseke dan Anggota Bawaslu Kepri Maryamah.

Senada hal itu Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah juga menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga persatuan. Yan Fiti mengatakan, bahwa pilkada merupakan instrumen demokrasi yang sangat penting menentukan arah pembangun.

Baca Juga :  Peringatan Hari Jadi Kepri Ke-21 Jadi Momentum Pembangunan Berkelanjutan

“Partisipasi msyarakat, peran elemen masyarakat dalam menjaga pilkada damai sangat krusial deklarasi ini simbol komitmen bersama,” tegas Kapolda.

Tak hanya itu, kepada peserta pilkada Kapolda Yan Fitri juga menekankan ikut berperan.

“Untuk itu sebagai figur yang dipandang masyarakat, junjung sportifitas dengan mentaati segala aturan hindari politik identitas dan polarisasi,” tambahnya.

Kepala Kesbangpol Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Darson, S.Pd, MSI menjelaskan, kegiatan Do’a Bersama Pilkada Damai dan Hari Jadi ke 22 Provinsi Kepri itu bertujuan, agar pelaksanaan Pilkada mulai dari pra hingga pasca pilkada di Kepri tahun 2024 ini dapat berjalan baik kondusif, lancar dan damai.

“Tentu kita mengharapkan, setelah pilkada terjadi stabilitas politik yang baik, tidak ada hambatan gangguan, bukan hanya keamanan, tapi juga ekonomi, sosialisasi dan budaya,” katanya.

Darson pun berharap, siapapun yang pemenang tetap memimpin dan kalah tetepa legowo karena ini bukan pertandingan keras,

“Pesta demokrasi janganlah terlalu euforia, karena menang dan kalah adalah biasa,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj. Wali Kota Tanjungpinang Andri Siap Tunaikan Amanah Mendagri dan Gubernur

Selain do’a bersama yang disejalankan Hari Jadi Kepri ke 22 Tahun, dalam kegiatan itu dilakukan pembacaan secara bersama-sama deklarasi pilkada damai Provinsi Kepri yang dipandu Ketua KPU Kepri, Hendrawan Soesilo Prabowoadi, selanjutnya dilakukan penekanan tombol sirine oleh Gubernur, Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu serta pimpinan Partai Politik.

Disamping itu juga dilakukan Penandatanganan Piagam Deklarasi Pilkada Damai oleh Gubernur, Forkopimda, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu serta Pimpinan Partai Politik.

Terlihat hadir langsung diantaranya Panglima Kogabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi, Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Kajati Kepri, Teguh Subroto, S.H., M.H, Danrem 033/ WP Brigjen Jimmy Watuseke dan Anggota Bawaslu Kepri Maryamah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *