Indeks

Berhasil Kelola Transportasi dengan Baik, Pemprov Riau Terima Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024

Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi (kiri) menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)

PEKANBARU, RADARSATU.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Sebab, Pemprov Riau dinilai telah menunjukkan dedikasi dan keberhasilan dalam pengelolaan transportasi yang baik, aman, tertib, dan berkelanjutan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada Pj Gubernur Riau Rahman Hadi. Bertempat di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

Budi Karya menuturkan, bahwa penghargaan tersebut bukan sekadar simbol semata, melainkan manifestasi dari komitmen bersama. Tujuannya untuk mewujudkan tata kelola transportasi yang mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan keselamatan, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan kepada Pemda yang mampu menghadirkan inovasi, perencanaan matang, serta implementasi efektif dalam tata kelola transportasi,” sebutnya.

Lalu, Menhub mengapresiasi dan berterima kasih kepada para kepala daerah beserta seluruh jajaran, atas upaya dalam mengelola sistem transportasi dengan baik dan selalu mendukung program-program transportasi yang berkelanjutan. Menurutnya, keberhasilan yang diraih merupakan buah dari upaya jangka panjang, serta hasil dari sinergi antarsektor dan partisipasi aktif dari masyarakat di masing-masing wilayah.

Kemudian, sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kualitas transportasi di tanah air, Menhub juga menekankan pentingnya alokasi sumber daya yang memadai. Dalam konteks ini, ia menyampaikan bahwa penting bagi Pemda untuk mengalokasikan paling sedikit 10 persen hasil dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak atas Penggunaan Kendaraan Bermotor, untuk pembangunan atau pemeliharaan jalan, serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum.

Kebijakan ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita dalam meningkatkan infrastruktur transportasi yang tidak hanya mendukung mobilitas, tetapi juga menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, pembangunan sistem transportasi yang berkelanjutan dan terintegrasi, merupakan salah satu prioritas Pemerintah dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan. Hal ini, sejalan dengan visi Indonesia Maju yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, dimana, sektor transportasi menjadi tulang punggung dalam memperkuat konektivitas nasional, meningkatkan daya saing, dan mempercepat pembangunan daerah.

Kemudian, Menhub berharap, penghargaan Wahana Tata Nugraha ini dapat menjadi motivasi untuk daerah-daerah lainnya. Sehingga, dapat terus berinovasi dan mengoptimalkan pengelolaan transportasi di wilayahnya masing-masing.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara, Pj Gubernur Riau Rahman Hadi menuturkan, Pemprov Riau memiliki visi besar dalam mewujudkan konektivitas yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah. Untuk mencapai hal tersebut, Pemprov Riau berupaya secara maksimal dalam mewujudkan mobilitas orang dan barang melalui konektivitas yang memadai bagi masyarakat serta meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan transportasi.

“Pemerintah Provinsi Riau akan terus berkomitmen dan berupaya dalam meningkatkan layanan transportasi untuk terus mendukung mobilitas masyarakat yang memadai, serta mengurangi dampak terhadap lingkungan. Maka, mari kita terus bekerja sama dan saling berkolaborasi,” ujarnya.

Exit mobile version