Indeks

Silaturahmi di Perumahan Odessa Batam, Gubernur Ansar Sampaikan Program Strategis

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad disambut antusias warga Perumahan Odessa, Belian, Batam Kota, untuk bersilaturahmi, Sabtu (22/06). (Foto2: Diskominfo Kepri)

KEPRI, RADARSATU.COM – Di bawah rintik gerimis, Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad berkunjung ke Perumahan Odessa, Belian, Batam Kota, untuk bersilaturahmi dengan masyarakat pada Sabtu (22/06).

Kehadiran Gubernur dan rombongan yang terdiri dari Tim Percepatan Pembangunan dan beberapa Kepala OPD disambut dengan tabuhan kompang dan hadroh oleh ibu-ibu Majlis Ta’lim Masjid At-Taqwa dan antusiasme tinggi oleh masyarakat yang hadir di Fasum Perumahan Odessa.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Sholawat Busyro, Gubernur Ansar menyampaikan rasa bahagianya karena masih dapat bertatap muka dengan masyarakat dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir, meskipun cuaca sedang gerimis.

“Silaturahmi dan tatap muka langsung antara pemimpin dan masyarakatnya akan dapat mendekatkan diri dengan masyarakatnya, terutama masyarakat Kepri yang terdiri dari berbagai latarbelakang ras, agama dan budaya namun tetap satu kesatuan di bawah payung budaya melayu” ujarnya.

Tak lupa Gubernur Ansar juga turut menyampaikan berbagai program strategis yang telah dilakukan dan akan dilakukan pemerintah Provinsi Kepri di berbagi bidang.

Di bidang kesehatan, Pemerintah Provinsi sudah membangun Rumah Singgah di Kota Batam dan Jakarta, yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat Kepri yang tengah berobat. Juga pembangunan Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat di Tanjung Uban dan Fasilitas Pemasangan Ring Jantung dan Bedah Jantung di Rumah Sakit Provinsi di Tanjungpinang yang sudah berjalan.

“Semua itu Pemerintah Provinsi sediakan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap kesehatan masyarakat, baik kesehatan jasmani dan juga kesehatan mentalnya dengan cara mengirimkan ustaz ke pulau-pulau,” ujarnya.

Ada juga bantuan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) senilai Rp7 miliar untuk pengobatan masyarakat yang tidak dicover oleh BPJS Kesehatan

Warga Perumahan Odessa, Belian, Batam Kota antusias berfoto selfi bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad usai melakukan silaturahmi, Sabtu (22/06).

Di bidang pendidikan, mulai tahun ajaran baru ini Pemprov Kepri akan memberikan bantuan Seragam Sekolah dan SPP gratis bagi siswa-siswi yang bersekolah di sekolah naungan Pemerintah Provinsi. Dan bantuan beasiswa untuk anak-anak Kepri yang sedang berkuliah D3 dan S1 dan bantuan beasiswa untuk para Guru yang telah ditandatangani MoU dengan Universitas Negeri Padang.

“Anak-anak kita ini akan menjadi penentu yang akan membuat Kepri tumbuh menjadi daerah yang lebih maju di masa depan dan para Gurulah yang akan menjadi pembimbing anak-anak kita, agar dapat mewujudkan hal tersebut. Hal ini bentuk usaha Pemerintah untuk membantu bidang pendidikan dengan sebaik mungkin dan kepada orang tua juga diharapkan akan lebih fokus mendampingi dan mengawasi anak-anaknya di rumah,” ujarnya.

Di bidang ekonomi, ada bantuan pinjaman dengan bunga 0% untuk para pelaku UMKM, yang merupakan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi dengan Bank Riau Kepri Syariah yang sudah berjalan dari Tahun 2021 dan akan dilanjutkan di tahun 2024 ini.

“Ini merupakan salah satu upaya nyata dari Pemerintah Provinsi untuk mendorong UMKM di Kepri agar dapat naik kelas,” jelasnya.

Dan berbagai program lainnya seperti, Kepri Terang yaitu program pengadaan pasokan listrik masyarakat-masyarakat di pulau terluar, bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk 46.000 masyarakat nelayan yang ditanggung Pemerintah Provinsi, pembangunan pelabuhan roro dan enambahan kapal roro Nusantara 1 dan Nusantara 3.

Pembangunan Jembatan Batam-Bintan yang merupakan terpanjang di Indonesia dan sudah masuk ke tahap pengecekan kondisi tanah, dan juga pemugaran bandara udara di Karimun yang direncanakan sudah bisa melayani pesawat tipe besar mulai akhir tahun ini.

“Semua hal ini dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi untuk dipersembahkan bagi masyarakat Kepri, dan hal ini wajib disebarluaskan agar dapat diketahui, dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kepri.” tutupnya. (Adv)

Exit mobile version