Pj. Wali Kota Tanjungpinang Hadiri Rakernas APEKSI di Balikpapan yang Dibuka Presiden Jokowi

Pj. Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, S.E, M.M foto bersama Presiden Jokowi, Mendagri dan kepala daerah se Indonesia usai rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII tahun 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6). (Foto: Diskominfo Tanjungpinang)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM — Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, S.E, M.M hadir pada rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII tahun 2024. Dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kegiatan dilaksanakan di Balikpapan Sport and Convention Center, Kalimantan Timur, Selasa (4/6).

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, rencana kota secara detail harus dimiliki setiap kota di Indonesia. “Kita ingin menjadikan semua kota nyaman dihuni. Orang yang berkunjung senang dan ingin kembali berkunjung, serta masyarakatnya juga mencintai kotanya karena memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Selain itu, rencana kota mengenai transportasi massal, transportasi umum juga harus disiapkan,” ucapnya.

Menurut Jokowi, kini paradigma baru bahwa kota yang baik adalah kota yang ramah pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, serta ramah terhadap anak dan perempuan.

“Kota yang ramah terhadap lingkungan. Kota memang harus¬†green, smart dan friendly. Oleh sebab itu, kehijauan itu kedepan akan sangat menjadi perhatian semua kota, memiliki hutan kota, memiliki alun-alun dan taman yang luas,” sebutnya.

Selanjutnya dilaksanakan rapat kerja Apeksi yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian sebagai keynote speaker. Mendagri memaparkan terkait otonomi daerah, persiapan pelaksanaan Pilkada, serta isu-isu strategis Pemerintah Daerah seperti inflasi, pengentasan kemiskinan juga realisasi APBD.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Tanjungpinang, Andri usai kegiatan mengatakan akan menindaklanjuti arahan Presiden.

“Saat ini Kota Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi juga tengah melakukan penataan wajah ibu kota yang berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi dan Pusat. Terkait hal-hal yang diharapkan bapak Presiden, mudah-mudahan dapat di terapkan di Kota Tanjungpinang, agar Kota Tanjungpinang semakin nyaman dan asri,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga siap mengikuti dan menjalankan arahan Mendagri untuk melaksanakan tugas dan fungsi.

“Dalam rapat kerja kemarin, Mendagri menyampaikan beberapa arahan dan penekanan untuk seluruh kepala Daerah. Pertama memastikan kelancaran operasional dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah dan melaksanakan pengendalian inflasi, serta mempermudah iklim investasi. Maka bersama jajaran Pemko Tanjungpinang akan berupaya maksimal untuk menjalankan arahan yang diberikan,” jelas Pj. Wali Kota, Andri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *