Waspada! BMKG Prediksi Banjir Rob Terjadi di Batam, Lingga, dan Karimun

Banjir Rob di Kepulauan Riau (Kepri). (Foto: Muhammad Chairuddin/radarsatu)

BATAM, RADARSATU.COM – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Hang Nadim Batam mengeluarkan peringatan terhadap banjir rob di sejumlah wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Prakiraan BMKG Hang Nadim, Fitri Annisa mengungkapkan, peringatan itu berlaku mulai Selasa (21/05) hingga Kamis (30/05) mendatang.

“Masyarakat pesisir pantai harap waspada adanya fenomena banjir pesisir (rob),” tulisannya dalam surat peringatan dini BMKG.

Ia melanjutkan, banjir tersebut berpotensi untuk terjadi di sejumlah wilayah Kepri seperti Kota Batam, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Karimun.

Secara rinci, daerah yang kemungkinan terdampak di Batam ialah Pesisir Kecamatan Batu Aji, Batu Ampar, Sekupang, Nongsa dan sekitarnya.

Di Kabupaten Lingga berpotensi terjadi di pesisir Kecamatan Singkep Barat, Singkep Pesisir, Senayang dan sekitarnya.

Sedangkan di Kabupaten Karimun, banjir rob kemungkinan terjadi di Pesisir Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Meral dan sekitarnya.

Menurutnya, hal itu akibat adanya fenomena fase Bulan Purnama pada tanggal 23 Mei 2024. Fenomena itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum dan dapat menimbulkan banjir pesisir (rob).

“Prediksinya berpotensi terjadi pada tanggal 21-30 Mei 2024,” lanjut Fitri.

Alhasil, banjir tersebut dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *